Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Akademisi Nilai Laga Timnas Indonesia Vs Palestina Bentuk Dukungan Terhadap Kemerdekaan Palestina

Pertandingan FIFA Match Day antara Timnas Palestina dan Timnas Indonesia segera dilaksanakan.

Penulis: Erik S
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Akademisi Nilai Laga Timnas Indonesia Vs Palestina Bentuk Dukungan Terhadap Kemerdekaan Palestina
PSSI
Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al-Shun (tengah) menyambut kedatangan Ataa Jaber dan kolega di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten pada Sabtu (10/6/2023) malam. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Erik Sinaga

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pertandingan FIFA Match Day antara Timnas Palestina dan Timnas Indonesia segera dilaksanakan.

Tim Singa dari Kanaan ini rencananya akan bertanding di Stadion Gelora Bung Tomo pada 14 Juni 2023.




Duta Besar Palestina untuk Republik Indonesia Zuhair Al-Shun mengapresiasi PSSI yang telah memberikan kesempatan untuk melakukan pertandingan persahabatan.

Bahkan Indonesia menjadi negara yang istimewa bagi Palestina.

"Saya apresiasi Ketua PSSI, yang sudah banyak membantu. Erick Thohir adalah sahabat Palestina sesungguhnya. Hubungan kami sangat spesial, yang menumbuhkan dukungan dari pihak Indonesia, baik dari pemerintah maupun dari masyarakatnya," kata Al-Shun, Minggu (11/6/2023).

Sementara itu Erick menandai laga Indonesia Vs Palestina ini sebagai pertandingan yang sarat nilai. Salah satunya, nilai persaudaraan antara kedua negara yang akan semakin erat melalui olahraga.

Baca juga: Head to Head Lini Tengah Timnas Indonesia vs Palestina: Reuni Dua Sekawan, Marc Klok vs Rashid

BERITA TERKAIT

Apalagi, PSSI akan menyumbang 10 persen dari hasil penjualan tiket laga, untuk perjuangan bangsa Palestina.

Sedangkan bagi tim Garuda, laga melawan Palestina ini selain sarat nilai nasionalisme, diharapkan pertandingan dengan peringkat FIFA ke 93 ini bisa menjadi salah satu harapan menambah poin bagi Indonesia.

Kishino Bawono, dosen Program Studi Hubungan Internasional, Universitas Katolik Parahyangan menilai pertandingan FIFA Match Day antara Timnas Indonesia dan Timnas Palestina akan menambah kedekatan hubungan diplomatik yang sudah terjalin sangat lama antara Indonesia dengan Palestina.

Sejarah diplomasi memperjuangkan kemerdekaan Palestina oleh Indonesia sudah dilakukan sejak lama. Bahkan sebelum ramai penolakan Ganjar Pranowo dan I Wayan Koster Koster atas kehadiran Timnas Israel pada Piala dunia U20, di tahun 1957 Indonesia pernah menolak bertanding dengan Timnas Israel.

Saat itu Timnas sepak bola Indonesia menolak bertanding dengan Timnas Israel pada kualifikasi Piala Dunia 1958.

“Pertandingan dengan sepak bola antara Timnas Indonesia dan Palestina ini menunjukkan bahwa bangsa Indonesia mengakui dan mendukung kemerdekaan bangsa Palestina. Pertandingan itu juga mengafirmasi jika Indonesia terbuka untuk bangsa Palestina namun tidak dengan bangsa Israel," kata Kishino Bawono, Selasa (13/6/2023).

Kata Kishino, pertandingan antara Timnas Indonesia dengan Timnas Palestina merupakan pengakuan bangsa Indonesia kepada bangsa Palestina. Sehingga pertandingan ini menjadi nilai positif bagi hubungan diplomatik kedua negara.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas