Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

MK Putuskan Sistem Pemilu 2024 Proporsional Terbuka, Begini Tanggapan Mahfud MD hingga Demokrat

Berikut tanggapan dari beberapa tokoh mengenai keputusan MK soal sistem Pemilu 2024 tetap menggunakan proporsional terbuka.

Penulis: Rifqah
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in MK Putuskan Sistem Pemilu 2024 Proporsional Terbuka, Begini Tanggapan Mahfud MD hingga Demokrat
Tribunnews.com/Gita Irawan
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD di kantor Kemenko Polhukam RI Jakarta Pusat pada Selasa (13/6/2023) - Berikut tanggapan dari beberapa tokoh mengenai keputusan MK soal sistem Pemilu 2024 tetap menggunakan proporsional terbuka. 

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan HAM (Menko Polhukam), Mahfud MD mengapresiasi keputusan Mahkamah Konsititusi (MK) soal sistem Pemilhan Umum (Pemilu) proporsional terbuka.

Lantaran, hal tersebut menandakan MK masih berpegang teguh akan sikap terhadap putusan terdahulu.

Di mana saat Mahfud MD menjabat sebagai Ketua MK periode 2008-2013.

"Itu berarti MK berpegang pada sikap lama yang sudah pernah kami bangun di tahun 2008," kata Mahfud di acara Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) 2023 di Markas Kodim 1511 Pulau Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku, Kamis (15/6/2023).

"Membangun sistem pemilu secara terbuka sesuai dengan kehendak DPR waktu itu," sambungnya, dikutip dari TribunJakarta.com.

Baca juga: PDIP Siap Jalankan Putusan MK soal Sistem Pemilu Proporsional Terbuka

Tanggapan dari Partai Gerindra

Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Fadli Zon mengatakan, putusan mengenai sistem Pemilu tetap menggunakan proporsional terbuka merupakan berita gembira bagi demokrasi di Indonesia.

BERITA TERKAIT

Putusan MK tersebut patut untuk diapresiasi dan dipuji oleh publik.

"Ini merupakan berita gembira bagi demokrasi kita terutama membuka ruang partisipasi publik dalam pemilu untuk dipilih dan memilih. Ada beberapa alasan saya kira kenapa putusan MK terkait uji materi sistem pemilu ini pantas diapresiasi dan dipuji oleh publik," ungkap Fadli Zon.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon - Berikut tanggapan dari beberapa tokoh mengenai keputusan MK soal sistem Pemilu 2024 tetap menggunakan proporsional terbuka.
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon - Berikut tanggapan dari beberapa tokoh mengenai keputusan MK soal sistem Pemilu 2024 tetap menggunakan proporsional terbuka. (Tribunnews.com/Fersianus Waku)

Di tengah melemahnya tingkat kepercayaan publik, putusan MK yang tetap konsisten menjadikan sistem pemilu sebagai ranah open legal policy patut diapresiasi. 

"Penentuan sistem pemilu merupakan isu teknis, bukan isu konstitusional. Ini ranahnya para pembentuk undang-undang, yaitu DPR dan pemerintah, bukan ranahnya MK untuk ikut menentukan," bebernya.

Mesikpun terdapat kekurangan pada sistem proporsional terbuka, hal tersebut, kata Fadli Zon bisa diperbaiki dan disempurnakan dalam penyelenggaraan Pemilu.

Di antaranya, kepartaian, budaya politik, kesadaran dan perilaku pemilih, hingga hak dan kebebasan berekspresi.

Tanggapan Jazilul Fawaid dari PKB

Wakil Ketua MPR RI, Dr. H. Jazilul Fawaid, SQ., MA - Berikut tanggapan dari beberapa tokoh mengenai keputusan MK soal sistem Pemilu 2024 tetap menggunakan proporsional terbuka.
Wakil Ketua MPR RI, Dr. H. Jazilul Fawaid, SQ., MA - Berikut tanggapan dari beberapa tokoh mengenai keputusan MK soal sistem Pemilu 2024 tetap menggunakan proporsional terbuka. (Istimewa)
Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas