Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ini Kapal Perang, Tank, dan Rudal yang Akan Dikerahkan TNI AL Dalam Manuver Lapangan Latgab 2023

TNI AL juga mengerahkan pesawat udara serta pasukan Pendarat Marinir lengkap dengan peralatan-peralatan canggihnya.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Ini Kapal Perang, Tank, dan Rudal yang Akan Dikerahkan TNI AL Dalam Manuver Lapangan Latgab 2023
Dinas Penerangan Angkatan Laut
Apel Gelar Pasukan Latihan Gabungan TNI Tahun 2023 digelar di Dermaga Madura Koarmada II Ujung, Surabaya, pada Kamis (27/7/2023) dipimpin Pangkogabwilhan II Marsdya TNI Andyawan Martono selaku Pangkogab TNI II. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tahap manuver lapangan Latihan Gabungan TNI 2023 kian dekat.

Para prajurit serta unsur TNI AL akan melaksanakan fase laut yang dimulai pada tanggal 29 Juli sampai 1 Agustus 2023 di Perairan Laut Jawa dan Perairan Asembagus, Situbondo, Jawa Timur.

Pada 1 Agustus 2023, pasukan pendarat yang terdiri dari Batalyon Marinir akan melaksanakan pendaratan Amfibi di Pantai Banongan Jawa Timur.

Latihan tersebut melibatkan berbagai jenis kapal perang, di antaranya Kapal Cepat Rudal, Perusak Kawal Rudal, LST, Kapal Buru Ranjau, Kapal Bantu Tunda, LPD, dan Kapal Bantu Rumah Sakit.

Selain itu, TNI AL juga mengerahkan pesawat udara serta pasukan Pendarat Marinir lengkap dengan peralatan-peralatan canggihnya seperti tank BMP 3F, BVP-2, KAPA, Howitzer, RM-70 Grad, dan puluhan kendaraan amfibi lainnya.

Baca juga: Profil Kopaska, Pasukan Elit TNI AL yang Temukan Gudang Senjata dari Bangkai Kapal Perang

TNI AL juga akan melaksanakan penembakan senjata khusus Rudal Exocet MM40 Block III, Rudal C-802, Rudal C-705 yang dilaksanakan oleh unsur Satuan Kapal Eskorta dan Satuan Kapal Cepat dari Koarmada I dan Koarmada II.

BERITA TERKAIT

"Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali menegaskan bahwa TNI AL berkomitmen dalam penyiapan Alutsista maupun profesionalitas prajurit Jalasena, khususnya pada aspek kesiapan serta kesiagaan dalam operasi," kata keterangan resmi Dinas Penerangan TNI AL pada Kamis (27/7/2023).

Baca juga: Daftar Rudal Antikapal yang Bakal Ditembakkan TNI AL pada Latgab 2023: Dua di Antaranya Buatan China

Kogabwilhan II juga telah melaksanakan Apel Gelar Pasukan menjelang puncak Latihan Gabungan TNI Tahun 2023.

Apel Gelar Pasukan Latihan Gabungan TNI Tahun 2023 digelar di Dermaga Madura Koarmada II Ujung, Surabaya, pada Kamis (27/7/2023) dipimpin Pangkogabwilhan II Marsdya TNI Andyawan Martono selaku Pangkogab TNI II.

Pada apel tersebut, Andyawan melaksanakan inspeksi terhadap kesiapan alutsista dan prajurit yang terlibat.

Sebanyak 7.500 prajurit dari tiga matra yakni TNI AD, TNI AL dan TNI AU, akan melaksanakan tahapan Manuver Lapangan (Manlap) setelah sebelumnya telah melaksanakan tahap Gladi Posko.

Para prajurit TNI dari tiga matra dibagi dalam beberapa Komando Tugas (Kogas).

Mereka di antaranya Komando Tugas Laut Gabungan (Kogaslagab), Komando Tugas Gabungan Amfibi (Kogasgabfib), Komando Tugas Gabungan Pendaratan Administrasi (Kogasgabratmin), Komando Tugas Gabungan Lintas Udara (Kogaslinud), Komando Tugas Darat Gabungan (Kogasratgab), dan Satuan Tugas Pendukung Pasukan Khusus (Satgasduk Passus).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas