Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Peringati HUT ke-78 RI, Sejumlah Pelajar Napak Tilas Perjuangan Pahlawan Mulai dari TMP Kalibata

Kegiatan yang menjadi budaya sekolah ini untuk menanamkan jiwa patriotisme dan pantang menyerah di kalangan siswa.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Peringati HUT ke-78 RI, Sejumlah Pelajar Napak Tilas Perjuangan Pahlawan Mulai dari TMP Kalibata
Ist
Lari lintas juang yang digelar Labschool dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Labschool menggelar lari lintas Juang atau Lalinju untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78.

Lalinju ini dilakukan oleh calon pengurus OSIS dan MPK dari SMP dan SMA Labschool Jakarta, Kebayoran, Cibubur, dan Cirendeu, serta seluruh pengurus OSIS MPK yang akan purna bakti dan ROHIS SMA.

Kegiatan yang menjadi budaya sekolah ini untuk menanamkan jiwa patriotisme dan pantang menyerah di kalangan siswa.

Pada tahun ini kegiatan Lalinju untuk OSIS MPK ROHIS dimulai dari Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata.

Setelah melakukan shalat subuh berjamaah, dilanjutkan dengan Apel Pagi dengan Pembina Upacara Komjen Pol (Purn) Susno Duadji.

"Kita berkumpul di tempat yang sangat bersejarah ini sebagai titik awal Lari Lintas Juang, di hadapan kita semua bersemayam jasad para pahlawan kemerdekaan Republik Indonesia, yang hari ini kita peringati sebagai hari kemerdekaan Indonesia yang ke-78," kata Susno Duadji.

BERITA TERKAIT

"Melalui Lari Lintas Juang ini kalian dididik menjadi calon-calon pemimpin MPK dan OSIS sebagai wadah untuk kalian latihan," tambahnya.

Hadir dalam apel tersebut Dr. Achmad Ridwan, M.Si, Prof. Dr. Arief Rachman M.Pd. Dr. Anggara Budi Susila, kepala sekolah dan wakil kepala sekolah dari empat Labschool serta guru-guru pendamping.

Achmad Ridwan menyampaikan tujuan dari Lalinju ini adalah penanaman kepada siswa atas perjuangan para pahlawan kita.

"Kita internalisasi di dalam diri kita dengan lari dan berjalan sejauh 17 KM untuk bisa merasakan kepahitan atau kegetiran di dalam memperjuangkan kita menjadi Indonesia yang merdeka. Beliau berpesan untuk selalu mengingat jasa para pahlawan. Seperti yang digaungkan oleh Bung Karno, JASMERAH: jangan sekali-kali melupakan sejarah," katanya.

Usai apel selanjutnya para Calon OSIS MPK ROHIS diberangkatkan Lari menuju empat penjuru Labschool yaitu Rawamangun, Kebayoran, Cibubur dan Cirendeu.

Jarak yang ditempuh SMA sekitar 17 km, sedangkan SMP sekitar 8 km. merupakan simbolisasi tanggal kemerdekaan RI.

Lalinju biasanya memakan waktu 1.5 jam hingga 2 jam, sehingga pada pukul 07.00 WIB para peserta sudah sampai di sekolah masing.

Selama prosesi lari didampingi oleh patwal dari TNI maupun Polri, dan tim medis untuk kemananan dan keselamatan

Sesampainya di sekolah, OSIS MPK ROHIS akan melakukan Upacara sekaligus serahterima jabatan pengurus OSIS MPK ROHIS. Ada pidato akhir dan awal jabatan dari Ketua OSIS MPK dan ROHIS.

Yang lebih mengharukan adalah adanya prosesi pelepasan jaket OSIS MPK ROHIS lama oleh Kepala Sekolah dan pemakaian jaket OSIS MPK ROHIS baru oleh orangtua masing masing serta penyiraman air bunga setanam oleh sekolah dan orangtua.

Dengan Lalinju dan pelantikan OSIS MPK ROHIS maka pengurus tahun kepengurusan 2023-2024 secara resmi akan menjabat selama satu tahun ke depan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas