Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kemendikbudristek Minta PTN-BH Tidak Jadi Kampus Komersil Berorientasi Bisnis

Kemendikbudristek mendorong perguruan tinggi negeri (PTN) untuk semakin mempercepat realisasi anggaran jelang triwulan keempat tahun 2023.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Kemendikbudristek Minta PTN-BH Tidak Jadi Kampus Komersil Berorientasi Bisnis
Tribunnews.com/Istimewa
Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek Nizam. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kemendikbudristek mendorong perguruan tinggi negeri (PTN) untuk semakin mempercepat realisasi anggaran jelang triwulan keempat tahun 2023.

Plt Dirjen Dikti Ristek Kemendikbudristek Nizam mengimbau perguruan tinggi negeri untuk menunjukkan kinerja dan kemampuan dalam mengelola anggaran yang diperoleh tiap tahun secara optimal.




Selain itu, Nizam pun mengingatkan perguruan tinggi negeri untuk tetap menjaga pengelolaan anggaran dengan baik dan menghindari penyimpangan yang dapat menyebabkan temuan di kemudian hari.

"Mumpung masih empat bulan ke depan, mohon masuk ke gigi enam untuk berlari kencang dan remnya hati-hati agar tidak masuk jurang," ujar Nizam melalui keterangan tertulis, Kamis (7/9/2023).

Baca juga: 3 PTN Buka Pendaftaran Prodi Kedokteran, Simak Cara Daftar hingga Biaya Kuliahnya

Menurut Nizam, transparansi dan akuntabilitas sangat penting untuk diterapkan dalam tata kelola anggaran perguruan tinggi.

Termasuk transformasi PTN menjadi PTN-Badan Hukum (BH )diharapkan terlahir perguruan tinggi yang berkualitas dan tetap inklusif.

BERITA TERKAIT

“Karena itu saya berpesan pada PTN yang sudah menjadi PTN-BH untuk tetap menjaga akuntabilitas, tidak menjadi lembaga yang komersial, yang berorientasi bisnis dan profit, melainkan berorientasi mutu yang semakin tinggi dan tetap inklusif,” kata Nizam.

Pada pertemuan yang dihadiri pimpinan PTN seluruh Indonesia, Nizam juga berpesan agar program-program unggulan kementerian dapat diakselerasi dan diperkuat.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas