Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Berdayakan UMKM Lokal, PT GNI Dukung Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Sekitar Smelter

PT GNI membawa dampak positif dengan menciptakan ekosistem agar UMKM di sekitar pabrik smelter dapat tumbuh dengan sehat.

Penulis: Nurfina Fitri Melina
Editor: Anniza Kemala
zoom-in Berdayakan UMKM Lokal, PT GNI Dukung Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Sekitar Smelter
dok. PT GNI
PT GNI dukung potensi UMKM lokal. 

TRIBUNNEWS.COM - Sebagai salah satu perusahaan industri smelter terkemuka di Indonesia, PT Gunbuster Nickel Industry (PT GNI) berkomitmen terhadap pengelolaan perusahaan yang berkelanjutan.

Penerapan prosedur keamanan kerja PT Gunbuster Nickel yang mengedepankan keselamatan dan keamanan karyawan merupakan salah satu wujud dari komitmen tersebut. Tak hanya itu, perusahaan smelter ini juga senantiasa mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar lokasi smelter

Hal ini menjadi upaya dalam membangun hubungan yang baik dengan stakeholder dan warga lokal serta menjaga lingkungan di mana perusahaan beroperasi.

Tak hanya melibatkan masyarakat setempat dalam kegiatan operasional smelter, PT GNI juga turut membawa dampak positif lainnya dengan menciptakan ekosistem agar Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di sekitar pabrik smelter dapat tumbuh dengan sehat. 

Salah satunya yaitu dengan pemberian dukungan terhadap sejumlah UMKM lokal yang bergerak di bidang industri pasir hitam. Hingga saat ini, sejumlah UMKM yang bergerak di bidang industri pasir hitam dan juga kontraktor lokal diketahui telah masuk ke daftar UMKM yang dibina oleh PT Gunbuster Nickel.

Sejumlah UMKM tersebut diantaranya tersebar di tiga desa binaan yang mencakupi pabrik smelternya yaitu Desa Bunta, Desa Tanauge dan Desa Bungintimbe.

Founder PT Gunbuster Nickel Tony Zhou Yuan menyebutkan, PT GNI berharap dapat terus konsisten menginisiasi potensi UMKM sebagai upaya memberikan kontribusi yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat yang jaraknya berdekatan dengan perusahaan.

BERITA TERKAIT

"Dengan UMKM di sekitar yang tumbuh secara sehat, diharapkan perekonomian masyarakat sekitar juga  menjadi lebih baik dan ekosistem ekonomi dapat terbentuk," ungkap Tony.

Tak hanya itu, PT Gunbuster Nickel juga telah berencana untuk bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam upaya mengembangkan program pemberdayaan UMKM untuk memaksimalkan peran dan kontribusi UMKM di sekitar lingkar industri.

Rencana ini sejalan dengan misi dari PT GNI yaitu, berjuang untuk pertumbuhan ekonomi dalam jangka panjang serta membuka kesempatan bagi stakeholder dan komunitas di mana PT Gunbuster Nickel beroperasi untuk terus berkembang.

Serap tenaga kerja masyarakat sekitar

Di samping mendukung pemberdayaan UMKM lokal, PT Gunbuster Nickel juga turut berperan dalam menyerap tenaga kerja dari masyarakat sekitar. 

Berkolaborasi bersama kepala desa atau satuan pemerintah setempat, penyerapan tenaga lokal ini juga menjadi salah satu tanggung jawab PT GNI dalam menciptakan perusahaan yang berkelanjutan.

Mengingat tenaga kerja yang terserap dalam industri smelter cukup besar, perusahaan juga sangat berfokus pada implementasi regulasi keamanan dan keselamatan kerja. Hal ini diikuti dengan diikuti penerapan prosedur keamanan kerja PT GNI dan keselamatan kerja yang tinggi. Diketahui, selama beberapa tahun terakhir, jumlah serapan tenaga kerja lokal terus meningkat dari sekitar 4.000 hingga lebih dari 10.000 pekerja.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas