Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ramai Pernyataan Ganjar Profesi MC dan Jurnalis, Najwa Shihab Harap Publik Fokus Konteks Gagasan

Ganjar menyarankan agar lulusan terbaik di kampus sebaiknya bekerja sebagai dosen bukan MC atau jurnalis. 

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Ramai Pernyataan Ganjar Profesi MC dan Jurnalis, Najwa Shihab Harap Publik Fokus Konteks Gagasan
Tribunnews.com/Fersianus Waku
Ramai Pernyataan Ganjar Profesi MC dan Jurnalis, Najwa Shihab Harap Publik Fokus Konteks Gagasan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pernyataan soal profesi jurnalis yang diperbincangkan bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo dan Najwa Shihab di program Mata Najwa bertajuk '3 Bacapres Bicara Gagasan' di Universitas Gadjah Mada (UGM), sempat menjadi perbincangan dan polemik publik.

Saat itu, Ganjar menyarankan agar lulusan terbaik di kampus sebaiknya bekerja sebagai dosen bukan MC atau jurnalis

Najwa mengklarifikasi bahwa konteks pembicaraan Ganjar saat itu adalah pentingnya dunia pendidikan diisi orang baik dan terbaik.

"Jadi bukan soal tersinggung, biasa saja, agar tidak ke mana-mana. Pernyataan Ganjar Pranowo maksudnya rasanya tentang pentingnya institusi pendidikan mendapatkan orang-orang terbaik," kata Najwa kepada wartawan, Jumat (22/9/2023).

Dalam program itu, Ganjar menyarankan agar lulusan terbaik di kampus sebaiknya bekerja sebagai dosen, bukan bekerja di bidang lain.

Najwa kemudian menyampaikan respons mengingat dirinya sebagai jurnalis punya tugas untuk melakukan konfirmasi atas pernyataan tersebut agar tak disalahpahami publik.

"Saya tentu perlu merespons saat itu karena tugas jurnalis, kan, menjernihkan apa yang mungkin masih abu-abu. Makanya saya katakan bahwa profesi jurnalis itu membanggakan," ucapnya. 

BERITA TERKAIT

Najwa berharap masyarakat memahami apa yang menjadi isi pembicaraan dan tidak berpolemik dengan adanya informasi yang sepotong, tidak lengkap dan tidak jelas konteksnya.

"Saya senang dengan antusiasme publik terhadap berbagai isi dialog kemarin, tapi juga berharap publik jangan terjebak hanya fokus ke potongan-potongan detail dan kontroversial dari percakapan. Tapi sesuai tujuan awal acara ini diadakan, bisa melihat secara utuh gagasan -gagasan atau visi programatik dari tiap bacapres," papar Najwa. 

"Yang penting kita semua sepakat, tiap profesi, baik jurnalis, MC, politikus, guru dan dosen, juga profesi lain, punya peran pentingnya masing-masing. Dan di tiap-tiap profesi, sangat dibutuhkan orang-orang terbaik," ujar Najwa.  

Sebagaimana diketahui pernyataan Ganjar soal profesi jurnalis dalam program Mata Najwa on Stage, Selasa (19/8/2023), sempat menjadi polemik.

Baca juga: Ganjar Disoraki Mahasiswa UGM saat Singgung soal Profesi pada Najwa Shihab: Masa Jadi MC?

Saat itu, Ganjar menyarankan agar lulusan terbaik di kampus sebaiknya bekerja sebagai dosen bukan MC atau jurnalis.

"Sepuluh besar lulusan terbaik itu jadi dosen, iya dong masa jadi MC?" kata Ganjar.

"Siapa Mas MC? Saya Jurnalis, bukan MC," jawab Najwa.

"Bukan, bukan, jurnalis lah kalau begitu," timpal Ganjar. Pernyataan itu pun viral dan jadi perbincangan netizen di media sosial.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas