Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

F-15EX yang Akan Dibeli Indonesia Mampu Hancurkan 6 Jet Tempur Musuh Sekaligus dalam Sekali Terbang

Dilengkapi kontrol penerbangan digital fly-by-wire, ke-24 unit pesawat anyar itu diyakini kian mampu mengamankan wilayah NKRI.

Penulis: Malvyandie Haryadi
zoom-in F-15EX yang Akan Dibeli Indonesia Mampu Hancurkan 6 Jet Tempur Musuh Sekaligus dalam Sekali Terbang
Boeing.com
Jet tempur F-15EX. Sebagai keturunan langsung dari keluarga F-15 Eagle yang dibanggakan, F-15EX Eagle II mewakili puncak dari silsilah jet tempur yang terkenal ini. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesia akan mengakuisisi 24 pesawat tempur F-15EX dari Amerika Serikat (AS).

Hal ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandom of Understanding/MoU) pembelian dilakukan antara Kepala Badan Sarana Pertahanan Kemenhan Marsekal Muda Yusuf Jauhari dan Wakil Presiden dan Manajer Program Boeing Fighters Mark Sears, di St. Louis, Agustus silam.

F-15EX merupakan versi paling canggih dari pesawat tempur F-15.

Dilengkapi kontrol penerbangan digital fly-by-wire, ke-24 unit pesawat anyar itu diyakini kian mampu mengamankan wilayah NKRI.

F-15EX Eagle II dalam sebuah uji coba di Amerika Serikat, berhasil melaksanakan uji terbang yang memuat trio Joint Air to Surface Standoff Missiles (JASSM).

F-15EX Eagle II juga memamerkan kemampuan udara-ke-udara yang luar biasa, mengerahkan 12 Rudal Udara-ke-Udara Jarak Menengah Tingkat Lanjut (AMRAAM) selama penerbangan tersebut.

Sebagai keturunan langsung dari keluarga F-15 Eagle yang dibanggakan, F-15EX Eagle II mewakili puncak dari silsilah jet tempur yang terkenal ini.

BERITA TERKAIT

Awalnya terlahir dengan nama F-15, sebuah kereta dewa yang memiliki ciri superioritas udara pada tahun 1972, pesawat ini kemudian berkembang menjadi F-15E Strike Eagle, versi multi-peran yang pertama kali menghiasi langit pada tahun 1986.

Varian paling segar di antara sarangnya , F-15EX yang perkasa, diperkenalkan ke keluarga besar ini pada tahun 2021.

F-15EX Eagle II dilengkapi kontrol penerbangan fly-by-wire digital, layar sentuh kokpit interaktif yang mudah digunakan, dan komputer misi tercepat yang pernah diintegrasikan ke dalam jet tempur.

Pesawat ini semakin meningkatkan kemampuan bertahan dengan sistem Peringatan Pasif/Aktif Eagle untuk pertahanan efektif terhadap pertemuan udara-ke-udara yang tidak bersahabat.

Lebih jauh lagi, perusahaan ini dengan bangga memamerkan Sistem Isyarat Bersama yang Dipasang di Helm, yang pertama dari jenisnya.

Sistem Misi Terbuka yang inovatif semakin melengkapi, menawarkan kemudahan dalam menerapkan peningkatan perangkat lunak dan perangkat keras.

Secara keseluruhan, spesifikasi komputer baru di kokpit F-15EX, ADCP II, menjadikannya sistem mutakhir yang secara signifikan meningkatkan kemampuan misi pesawat.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas