Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Syahrul Yasin Limpo Akui Mundur dari Kabinet Jokowi karena Terjerat Kasus Hukum

SYL berharap tidak ada stigma dan persepsi yang menghakiminya terlebih dahulu sebelum proses hukum berjalan. Ia mengaku siap menghadapi proses hukum

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Syahrul Yasin Limpo Akui Mundur dari Kabinet Jokowi karena Terjerat Kasus Hukum
Tribunnews.com/Taufik Ismail
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menemui Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Gedung Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis petang, (5/10/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menemui Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Gedung Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis (5/10/2023) petang.

SYL menemui Pratikno didampingi koleganya di Kabinet dan di partai yakni Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

SYL dan Siti menaiki mobil yang sama yakni MVP hitam dengan nomor polisi B 1298 RFV. SYL yang tiba sekitar pukul 17.20 WIB menemui Pratikno hampir setengah jam.

Baca juga: Surya Paloh Jawab soal Dugaan Politisasi di Kasus Korupsi Seret Mentan Syahrul Yasin Limpo

Usai pertemuan SYL mengatakan kedatangannya untuk menyampaikan surat pengunduran diri sebagai Menteri Pertanian. SYL diketahui terjerat kasus korupsi yang ditangani oleh KPK.

"Sore hari ini saya datang meminta waktu Bapak Presiden dan diberikan kesempatan melalui Mensesneg untuk menyampaikan usul dan surat pengunduran diri saya sebagai Menteri," kata SYL.

SYL mundur karena masalah hukum yang ia hadapi di KPK. Politikus NasDem tersebut mengatakan kasus hukum tersebut harus ia hadapi dengan serius.

Baca juga: Syahrul Yasin Limpo Sampaikan ke Surya Paloh Mundur Sebagai Menteri Pertanian

BERITA TERKAIT

"Alasan saya mengundurkan diri adalah ada proses hukum yang sedang saya hadapi dan saya harus siap menghadapi secara serius," katanya.

SYL berharap tidak ada stigma dan persepsi yang menghakiminya terlebih dahulu sebelum proses hukum berjalan. Ia mengaku siap menghadapi proses hukum tersebut.

"Walaupun saya berharap jangan ada stigma dan persepsi yang menghakimi saya terlebih dahulu karena biarkanlah proses hukum berlangsung dengan baik dan saya siap menghadapi," katanya.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno membenarkan bahwa kedatangan SYL untuk mengajukan surat pengunduran diri sebagai Menteri Pertanian kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Saya baru saja menerima kunjungan pak Syahrul Yasin Limpo dan ibu Siti Nurbaya menteri LHK. pak syahrul menyampaikan surat kepada bapak presiden yang isinya adalah pengunduran diri sebagai menteri pertanian," kata Mensesneg Pratikno.

Surat tersebut kata Pratikno akan segera ia proses. Surat pengunduran diri akan segera diserahkan kepada Presiden Jokowi.

"Jadi surat itu sudah kami terima baru saja dan oleh karena itu segera akan saya laporkan kepada bapak presiden," pungkasnya.

Sebelumnya Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) datangi Gedung Sekretariat Negara, pada Kamis (5/10/2023). Kedatangan SYL didampingi koleganya di Kabinet dan di partai yakni  Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar.

Baca juga: Mentan Syahrul Yasin Limpo Diisukan Mundur, Jokowi Minta Tak Berandai-andai, NasDem Beri Tanggapan

SYL dan Siti menaiki mobil MVP hitam dengan nomor polisi B 1298 RFV.  Mobil tersebut masuk lewat pintu Medan merdeka Utara komplek Istana Kepresidenan. Mobil terpantau masuk ke lobby Sekretariat Negara.

Siti tampak keluar dari sisi kiri mobil sementara, SYL yang mengenakan batik lengan panjang keluar dari sisi kanan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas