Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Besok, Serikat Buruh Demo di Kedubes AS dan Kantor PBB, Minta Setop Perang Palestina-Israel

Mereka membawa tuntutan agar AS dan PBB segera melakukan upaya menghentikan perang yang pecah antara Hamas dan Israel.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Besok, Serikat Buruh Demo di Kedubes AS dan Kantor PBB, Minta Setop Perang Palestina-Israel
AFP/MAHMUD HAMS
Warga Palestina memeriksa kehancuran di lingkungan yang rusak parah akibat serangan udara Israel di kamp pengungsi Shati Kota Gaza pada awal 9 Oktober 2023. Tentara Israel mengatakan pihaknya menyerang lebih dari 500 sasaran di Jalur Gaza dalam serangan semalam, seiring dengan jumlah korban tewas akibat perangnya. dengan pejuang Palestina melonjak di atas 1.100. (MAHMUD HAMS/AFP) 

Laporan wartawan tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ratusan buruh yang tergabung dalam Partai Buruh dan KSPI akan berunjuk rasa di depan Gedung PBB Jakarta dan Kedutaan Besar Amerika Serikat (Kedubes AS), pada Selasa (10/10/2023) besok.

Mereka membawa tuntutan agar AS dan PBB segera melakukan upaya menghentikan perang yang pecah antara Hamas dan Israel.




“Kami mendesak pihak-pihak yang terlibat untuk segera menghentikan pertumpahan darah dan mencari jalan damai sebagai solusi atas konflik ini,” kata Presiden Partai Buruh, Said Iqbal kepada wartawan, Senin (9/10/2023).

Baca juga: Hari Ketiga Perang Hamas-Israel: Korban Tewas di Jalur Gaza 436 Orang, Zionis Siapkan Serangan Darat

Said Iqbal menyerukan agar PBB bisa mengambil langkah sebagai penengah dalam konflik ini. Sedangkan AS diminta untuk tidak mengirim kapal induk dan pasukannya ke Israel.

Menurutnya jika AS mengirimkan pasukan bantuannya ke Israel, maka peperangan yang pecah di Palestina akan semakin buruk dari sebelumnya.

“Kami juga mendesak Amerika untuk tidak mengirimkan kapal induk dan pasukan ke Israel. Karena hal itu akan memperburuk Perang. Segala persoalan harus diselesaikan secara damai dan jalan perundingan,” ujarnya.

Baca juga: Hamas Bantah Keterlibatan Iran dalam Serangan ke Israel: Ini Kejutan bagi Semua Orang

BERITA TERKAIT

Dalam peristiwa konflik Hamas dan Israel ini, lebih dari 700 orang warga Israel tewas dalam serangan besar-besaran oleh kelompok militan Hamas yang dimulai Sabtu pagi, ujar pejabat keamanan Israel.

Sementara, sedikitnya 413 orang tewas di Gaza dan 2.300 lainnya terluka akibat serangan udara balasan dari Israel, ungkap sejumlah pejabat Palestina.

Salah-satu serangan mematikan oleh kelompok Hamas terjadi di acara festival musik Supernova di kawasan gurun di Israel selatan.

Sampai sejauh ini, tim penyelamat Israel mengatakan mereka telah menemukan lebih dari 250 mayat di lokasi festival musik itu.

Festival ini digelar tidak jauh dari lokasi kelompok militan Hamas memasuki wilayah Israel dari Jalur Gaza.

Mereka dilaporkan melepaskan tembakan, dan orang-orang yang tengah mengikuti acara musik itu kemudian berusaha melarikan diri lantaran panik.

Acara ini merupakan salah satu target serangan darat pertama oleh Hamas yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas