Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ciptakan Kemandirian Pelaku Usaha, AQUA Kembangkan UMKM Melalui AQUA Home Service

Terkadang, orang-orang beranggapan bahwa pensiunan sudah tidak bisa produktif lagi. Namun, Junaedi Bahtiar (61 tahun), yang pensiun sejak 2019, memba.

Penulis: Matheus Elmerio Manalu
zoom-in Ciptakan Kemandirian Pelaku Usaha, AQUA Kembangkan UMKM Melalui AQUA Home Service
Istimewa
Junaedi Bahtiar (61 tahun), warga Kayukalek, Padang Sarai, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, setelah pensiun pada 2019 dapat tetap aktif mengisi hari-harinya menjual AQUA melalui AQUA Home Service (AHS) Bu Wis. 

TRIBUNNEWS.COM - Terkadang, orang-orang beranggapan bahwa pensiunan sudah tidak bisa produktif lagi. Namun, Junaedi Bahtiar (61 tahun), yang pensiun sejak 2019, membantah stigma tersebut dengan tetap aktif mengisi hari-harinya berjualan AQUA melalui AQUA Home Service (AHS) Bu Wis. 

Junaedi, warga Kayukalek, Padang Sarai, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, menjalankan aktivitas tersebut sehari-hari dari teras rumahnya. 

"Saya memulai aktivitas sehari-hari sejak pukul 7 pagi hingga jam 12 siang dengan mengantar sendiri AQUA galon langsung ke pelanggan. Sering juga saya mengantar AQUA pada sore hari untuk pelanggan yang memesan AQUA di atas jam 12 siang. Yang pasti saya selalu melayani pelanggan dengan baik," kata Junaedi Bahtiar yang menjalankan AHS Bu Wis sejak Mei 2020. 

Baca juga: Pabrik AQUA Cianjur Hasilkan Air Minum dalam Kemasan Sehat, Berkualitas, dan Terjaga Kemurniannya

Selain membantunya mendapatkan penghasilan tambahan di usia yang tidak lagi muda, kegiatan menjual AQUA ini membuat Junaedi lebih sehat, segar dan bisa berjumpa banyak teman. 

Masih di Kota Padang, tepatnya Lubuk Begalung, ada juga AHS Tiga Saudara yang dikelola Rahmad Duha (40 tahun). Ia memulai AHS Tiga Saudara hanya dengan bermodalkan Rp5 juta untuk melayani pelanggan di perkantoran dan perumahan. 

"Dalam sebulan saya dapat menjual AQUA sebanyak 6000 galon. Dari situ saya mendapatkan penghasilan bersih Rp7 juta per bulan," ungkap Rahmad Duha.

Kunci sukses Junaedi Bahtiar dan Rahmad Duha tak terlepas dari pelayanan yang baik ke pelanggan. Keduanya tak segan membantu memudahkan pelanggan mendapatkan AQUA. 

BERITA REKOMENDASI

"Saya sering harus menjinjing dua galon sekaligus ke lantai tiga di sebuah perkantoran," kisah Rahmad Duha.

Baca juga: Bangun Kepedulian Sosial dan Lingkungan, Generasi Muda Ikuti Kampanye PikirinDulu Danone-AQUA

Selain itu, kelihaian Junaedi dan Rahmad mencari informasi dan berselancar di Google membuat mereka mudah mendapatkan pelanggan.

Hal terpenting lainnya adalah kualitas produk AQUA, yang memang sudah diakui masyarakat sebagai produk air minum dalam kemasan terbaik. Dengan produk yang berkualitas ini, bisnis kedua AHS tersebut pun dapat berkembang.

Bukti nyata pengembangan ekonomi masyarakat oleh AQUA

Usaha yang dilakukan oleh Junaedi dan Rahmad merupakan suatu bukti nyata dari pengembangan ekonomi masyarakat (economic development) yang dilaksanakan AQUA melalui program AHS (AQUA Home Service). 

Melalui program AQUA Home Service, AQUA menunjukkan kepeduliannya terhadap masyarakat dengan tujuan untuk menciptakan kemandirian pelaku usaha AHS. 

Maka itu, pelaksanaan program AHS kerap menitikberatkan pada peran aktif masyarakat untuk selalu ulet bekerja demi kehidupan mereka masing-masing.

Baca juga: Luncurkan Kampanye PikirinDulu, Danone-AQUA Ajak Generasi Muda Bangun Conscious Consumption

“Program ini memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mendapatkan penghasilan tambahan tanpa meninggalkan rumah. Yang tertarik untuk ikut program hanya perlu menyediakan tempat, modal yang tidak terlampau besar, dan keinginan menjual dan menyebarluaskan pola hidup sehat melalui produk-produk AQUA,” jelas Senior Regional Sales Manager AQUA wilayah Sumatera Hendro Marpaung.

“Kami selalu membantu setiap pelaku usaha di AHS menjalankan bisnis mereka masing-masing, yaitu melengkapi mereka dengan materi promosi yang diperlukan, pelatihan-pelatihan yang dibutuhkan untuk meningkatkan penjualan, dan program-program insentif yang bertujuan membantu setiap AHS mencapai target mereka. Hal Ini merupakan suatu kolaborasi langsung antara perusahaan dan masyarakat melalui program AHS ini,” pungkas Hendro Marpaung.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

asia sustainability impact consortium

Follow our mission at sustainabilityimpactconsortium.asia

Admin: Sponsored Content
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas