Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rumah Firli Bahuri Digeledah, Eks Penyidik KPK: Harus Mundur Sekarang

Mantan penyidik KPK minta Firli Bahuri mundur dari pimpinan KPK buntut rumahnya di Jaksel dan Bekasi yang kini digeledah oleh Polda Metro Jaya.

Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Rumah Firli Bahuri Digeledah, Eks Penyidik KPK: Harus Mundur Sekarang
kolase Tribunnews.com
Kolase foto Ketua KPK Firli Bahuri. Mantan penyidik KPK minta Firli Bahuri mundur dari pimpinan KPK buntut rumahnya di Jaksel dan Bekasi yang kini digeledah oleh Polda Metro Jaya. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Praswad Nugraha mendesak Firli Bahuri harus segera mundur dari jabatan Ketua KPK.

Hal itu disampaikan merespons rumah Firli Bahuri yang sedang digeledah Polda Metro Jaya.

"Firli harus mengundurkan diri sekarang, jangan jadi beban pemberantasan korupsi," kata Praswad dalam keterangan tertulis, Kamis (26/10/2023).

Pihak kepolisian membawa koper dan printer saat melakukan penggeledahan di rumah diduga milik Ketua KPK, Firli Bahuri di Jalan Kertanegara nomor 46, Jakarta Selatan, Kamis (26/10/2023) (kiri).
Pihak kepolisian membawa koper dan printer saat melakukan penggeledahan di rumah diduga milik Ketua KPK, Firli Bahuri di Jalan Kertanegara nomor 46, Jakarta Selatan, Kamis (26/10/2023) (kiri). (Tribunnews.com Abdi Ryanda Shakti/Ilham Rian Pratama)

Menurut Praswad, semakin lama Firli undur diri, maka hal itu akan jadi beban KPK secara kelembagaan.

Ketua IM57+ Institute itu lalu meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera menunjuk Pelaksana tugas (Plt) Ketua KPK.

"Presiden untuk segera mempersiapkan Plt Ketua KPK," kata Praswad.

Dia kemudian menyinggung Firli agar tidak lagi memakai diksi "Corrupt Fight Back".

BERITA REKOMENDASI

"Firli jangan coba-coba mempermainkan Diksi 'Corruptor Fight Back', ini sama sekali bukan. Pemerasan SYL (Syahrul Yasin Limpo) adalah tindak pidana di dalam tindak pidana," kata eks penyidik yang dikeluarkan lewat tes wawasan kebangsaan (TWK) ini.

Untuk diketahui, Polda Metro Jaya menggeledah dua kediaman milik Firli Bahuri, yakni di Jalan Kertanegara nomor 46, Jakarta Selatan dan Perumahan Grand Galaxy Bekasi, Jawa Barat, pada hari ini.

Menurut sumber Tribunnews.com, rumah di Kertanegara merupakan safe house Firli Bahuri.

"(Rumah di Kertanegara) safe house Firli Bahuri," kata sumber yang tak mau disebutkan namanya saat dihubungi, Kamis (26/10/2023).

Rumah diduga milik Ketua KPK, Firli Bahuri di Jalan Kertanegara nomor 46, Jakarta Selatan, Kamis (26/10/2023) digeledah polisi.
Rumah diduga milik Ketua KPK, Firli Bahuri di Jalan Kertanegara nomor 46, Jakarta Selatan, Kamis (26/10/2023) digeledah polisi. (Tribun Jakarta/Annas)

Tribunnews.com sudah mengonfirmasi ke pihak Polda Metro Jaya terkait kebenaran informasi tersebut, namun hingga saat ini pihak kepolisian belum membalas pertanyaan tersebut.

Penyidik sendiri terlihat baru bisa masuk ke dalam rumah itu sekitar pukul 12.00 WIB. Belasan penyidik masuk dengan membawa sebuah koper dan printer.

Adapun penggeledahan dimaksud berkaitan dengan pengusutan kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Kasus dugaan pemerasan itu saat ini telah dinaikkan statusnya ke tahap penyidikan. Namun, belum ada tersangka yang ditetapkan.

Firli sendiri juga sudah dilakukan pemeriksaan di Bareskrim Polri pada Selasa (24/10/2023).

Sejumlah anggota polisi berada di depan sebuah rumah di Jalan Kertanegara nomor 46, Jakarta Selatan yang diduga rumah Ketua KPK, Firli Bahuri, Kamis (26/10/2023).
Sejumlah anggota polisi berada di depan sebuah rumah di Jalan Kertanegara nomor 46, Jakarta Selatan yang diduga rumah Ketua KPK, Firli Bahuri, Kamis (26/10/2023). (Tribunnews.com/Abdi Ryanda Shakti)
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas