Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Eks Penyidik KPK Sarankan Firli Bahuri Mundur usai Jadi Tersangka: Agar Tak Jadi Beban KPK

Mantan Ketua Wadah Pegawai KPK, Yudi Purnomo, sarankan Firli Bahuri mundur dari KPK usai jadi tersangka kasus pemerasan.

Penulis: Milani Resti Dilanggi
Editor: Sri Juliati
zoom-in Eks Penyidik KPK Sarankan Firli Bahuri Mundur usai Jadi Tersangka: Agar Tak Jadi Beban KPK
Tribunnews.com/ Ilham Rian Pratama
Mantan Ketua Wadah Pegawai KPK, Yudi Purnomo Harahap - Yudi Purnomo, sarankan Firli Bahuri mundur dari KPK usai jadi tersangka kasus pemerasan. 

TRIBUNNEWS.COM - Mantan Ketua Wadah Pegawai KPK, Yudi Purnomo Harahap, menyebut penetapan tersangka Firli Bahuri otomatis membuat Ketua KPK itu secara otomatis akan diberhentikan sementara dari jabatannya. 

Menurut Yudi apa yang disampaikan itu merujuk ketentuan  pada Ayat (2) Pasal 32 UU KPK 2019.

Adapun bunyi Pasal tersebut, “Dalam hal Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi menjadi tersangka tindak pidana kejahatan, pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi diberhentikan sementara dari jabatannya”.

"Firli secara otomatis akan nonaktif karena bunyi undang-undang seperti itu, pimpinan KPK dinonaktifkan sementara ketika menjadi tersangka," katanya, Kamis (23/11/2023) dikutip dari YouTube KompasTV. 

Namun Yudi menilai, Firli seharusnya tak hanya dinonaktifkan, tetapi juga mundur dari KPK

Menurutnya, hal itu dilakukan agar Firli tak menjadi beban bagi lembaga antirasuah tersebut. 

Baca juga: Ketua KPK Firli Bahuri Jadi Tersangka, Jokowi Minta Hormati Proses Hukum

"Kami berharap dengan drama-drama yang dilakukan beliau, sekarang sudah selesai lah drama itu dan yang bersangkutan mengundurkan diri dari KPK supaya tidak menjadi beban," ucapnya. 

BERITA TERKAIT

Yudi mengatakan, untuk sementara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dapat menunjuk pejabat non definitif untuk menggantikan Firli ditengan proses hukum yang berjalan. 

"Kalau emang Filri paham bahwa proses penegakan hukum sudah ada dan dia juga mantan dari penegak hukum, sekarang jadi ketua KPK, makannya lebih baik mundur saja dari pada menjadi beban," tegasnya. 

Firli Bahuri ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan pemerasan terhadap Eks Mentan, Syahrul Yasin Limpo.

Dugaan pemerasan itu terjadi saat KPK menangani perkara korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) pada 2020-2023.

Penetapan tersangka kepada Firli Bahuri dilakukan Penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya usai melakukan gelar perkara, Rabu (22/11/2023). 

Hal itu disampaikan oleh Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Ade Safri Simanjuntak.

Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak menyampaikan soal penetapan status tersangka kepada Ketua KPK Firli Bahuri atas kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK ke eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (12/11/2023) malam.
Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak menyampaikan soal penetapan status tersangka kepada Ketua KPK Firli Bahuri atas kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK ke eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (12/11/2023) malam. (Tribunnews.com/Abdi Ryanda Shakti)

"Telah dilaksanakan gelar perkara dengan hasil ditemukannya bukti yang cukup untuk menetapkan saudara FB selaku Ketua KPK RI sebagai tersangka," kata Ade kepada wartawan.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas