Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Beda Sikap Pimpinan KPK soal Firli Tersangka, Alexander Mawarta Tak Malu, Nurul Ghufron Minta Maaf

Dua pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberikan respons yang berbeda menanggapi penetepan tersangka terhadap Ketua KPK Firli Bahuri. 

Penulis: Milani Resti Dilanggi
Editor: Nuryanti
zoom-in Beda Sikap Pimpinan KPK soal Firli Tersangka, Alexander Mawarta Tak Malu, Nurul Ghufron Minta Maaf
Istimewa
Kolase Wakil Ketua KPK Alexander Mawarta (Kiri) dan Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron (Kanan) - Dua pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberikan respons yang berbeda menanggapi penetepan tersangka terhadap Ketua KPK Firli Bahuri.  

TRIBUNNEWS.COM - Dua pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberikan respons yang berbeda menanggapi penetapan tersangka terhadap Ketua KPK Firli Bahuri

Firli Bahuri ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo.

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron menyampaikan permintaan maaf atas kegaduhan penetapan tersangka pada Firli. 

Sementara, Wakil Ketua KPK Alexander Mawarta enggan meminta maaf dan justru mengaku tak malu atas kejadian ini.

Ghufron mengatakan, sebagai pimpinan KPK ia mengaku turut bertanggung jawab atas dugaan tindak pidana yang dilakukan Firli. 

"Saya sebagai salah satu dari pimpinan turut bertanggung jawab dan karenanya meminta maaf kepada segenap bangsa indonesia atas peristiwa tersebut," kata Ghufron dalam keterangannya, Jumat (24/11/2023).

Baca juga: Jokowi akan Teken Keppres Pemberhentian Firli Bahuri dari Ketua KPK Malam Ini

Bagi Ghufron, persoalan Firli tersebut hampir mengikis kepercayaan masyarakat kepada KPK

BERITA REKOMENDASI

Ia pun berkomitmen untuk melakukan pembenahan serta terbuka untuk menerima saran dari masyarakat. 

"Kami berkomitmen untuk melakukan pembenahan serta terbuka untuk menerima saran dari masyarakat demi perbaikan kedepan,” tutur Ghufron.

Sikap Ghufron itu berbanding terbalik dengan Alexander Mawarta

Dalam konferensi pers terkait status tersangka Firli di KPK pada Kamis (23/11/2023) kemarin, ia menolak meminta maaf dan mengaku tidak merasa malu.

Ia menyampaikan hal itu saat ditanya oleh awak media apakah KPK akan meminta maaf dan merasa malu atas rentetan polemik di KPK yang terjadi selama ini. 

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata memberikan keterangan terkait penetapan Ketua KPK Firli Bahuri di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (23/11/2023). Dalam keterangannya, KPK menghormati proses hukum terkait penetapan tersangka Ketua KPK Firli Bahuri oleh Polda Metro Jaya dan Firli Bahuri akan diberhentikan sementara dari jabatannya sebagai Ketua KPK. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata memberikan keterangan terkait penetapan Ketua KPK Firli Bahuri di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (23/11/2023). Dalam keterangannya, KPK menghormati proses hukum terkait penetapan tersangka Ketua KPK Firli Bahuri oleh Polda Metro Jaya dan Firli Bahuri akan diberhentikan sementara dari jabatannya sebagai Ketua KPK. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Alex tak malu lantaran Firli belum bisa dikatakan bersalah sampai menunggu putusan pengadilan.

Ia menekankan, soal pentingnya asas praduga tak bersalah. 

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas