Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Riwayat Karier Maruli Simanjuntak, Dilantik Jadi KSAD dan Naik Pangkat Menjadi Jenderal TNI

Presiden Jokowi resmi melantik Letjen Maruli Simanjuntak jadi KSAD, seacara otomatis pangkat naik menjadi Jenderal TNI. Berikut riwayat karirnya.

Penulis: Pondra Puger Tetuko
Editor: Suci BangunDS
zoom-in Riwayat Karier Maruli Simanjuntak, Dilantik Jadi KSAD dan Naik Pangkat Menjadi Jenderal TNI
Tribunnews.com/Taufik Ismail
Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Letnan Jenderal (Letjen) Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) TNI - Presiden Jokowi resmi melantik Letjen Maruli Simanjuntak jadi KSAD, seacara otomatis pangkat naik menjadi Jenderal TNI. Berikut riwayat kariernya. 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) di Istana Negara, Jakarta, Raabu (29/11/2023).

Pelantikan Letjen Maruli Simanjuntak sebagai KSAD ini berdasarkan surat Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 03/TNI/Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat.

Pembacaan Keppres dilakukan oleh Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan.

Saat melakukan pelantikan KSAD, Jokowi mendiktekan sumpah jabatan kepada Letjen Maruli Simanjuntak.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” ucap Presiden Jokowi mendiktekan Letjen Maruli Simanjuntak dalam pelantikan.

Dengan pengangkatannya sebagai KSAD, pangkat Maruli Simanjuntak secara otomatis naik satu tingkat menjadi Jenderal TNI atau bintang empat.

Lantas, bagaimana rekam jejak Maruli Simanjuntak?

Baca juga: Presiden Jokowi Lantik Maruli Simanjuntak Sebagai KSAD TNI di Istana Presiden

BERITA TERKAIT

Rekam Jejak Jenderal TNI Maruli Simanjuntak

Pria kelahiran 27 Februari 1970, di Bandung, Jawa Barat ini mengawali jabatan karier di TNI dengan menjabat sebagai Komandan DetasemenTempur Cakra pada tahun 2002.

Kemudian, Maruli Simanjuntak pernah juga menjabat sebagai Asops Danjen Kopassus di tahun 2014 dan di tahun yang sama juga bertugas sebagai Komandan Grup A Paspampres hingga tahun 2016.

Kariernya pun melejit dan sempat ditugaskan menjadi Danrem 074/Warastratama, Surakarta pada periode 2016-2017.

Hanya bertugas selama setahun di Surakarta, menantu Luhut Binsar ini kembali bertugas di Paspampres dengan jabatan Wadanpaspampres dari tahun 2017 hingga 2018.

Di tahun 2018 itu, dirinya sempat menjadi Kasdam IV/Diponegoro.

Tak berselang lama, pria berpangkat bintang emas di pundaknya itu, kembali ke bagian dari Paspampres dengan bertugas menjadi Danpaspampres hingga tahun 2020.

Baca juga: Jokowi Akan Lantik Letjen Maruli Simanjuntak Sebagai KSAD Siang Ini

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas