Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Prakiraan Cuaca Hari Ini, Kamis 30 November 2023, BMKG: 31 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat dan Angin

Peringatan dini cuaca hari ini di Indonesia pada Kamis, 30 November 2023. terdapat 31 wilayah di Indonesia yang berpotensi terjadi hujan lebat.

Penulis: Muhammad Alvian Fakka
Editor: Endra Kurniawan
zoom-in Prakiraan Cuaca Hari Ini, Kamis 30 November 2023, BMKG: 31 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat dan Angin
Freepik
Ilustrasi hujan turun - Peringatan dini cuaca hari ini di Indonesia pada Kamis, 30 November 2023. terdapat 31 wilayah di Indonesia yang berpotensi terjadi hujan lebat. 

TRIBUNNEWS.COM - Inilah peringatan dini cuaca hari ini di Indonesia pada Kamis, 30 November 2023.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merangkum data prakiraan cuaca hari ini dan sejumlah wilayah diperkirakan terjadi hujan lebat disertai angin.

Dari pengamatan BMKG diketahui prakiraan cuaca hari ini, terdapat 31 wilayah di Indonesia yang berpotensi terjadi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang.

Menurut BMKG, hal itu terjadi karena sirkulasi bibit siklon 95B terpantau di Samudera Hindia sebelah barat Aceh dengan kecepatan angin 20 kt dan tekanan 996 hPa, sistem ini bergerak ke arah Barat Daya - Barat.

Sistem 95B ini membentuk daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang di Laut Cina Selatan, Laut Andaman, Samudera Hindia sebelah barat aceh, serta daerah pertemuan angin (konfluensi) di Samudera Hindia sebelah utara Aceh.

Sistem ini juga menginduksi peningkatan kecepatan angin (low level jet) di Laut China Selatan timur Vietnam, Semenanjung Malaysia, dan Laut Andaman.

Baca juga: BMKG: Potensi Gelombang Setinggi 2,5 Meter di Perairan Barat Lampung pada Hari Ini, 30 November 2023

Sirkulasi Siklonik terpantau di Laut Natuna yang membentuk daerah konvergensi memanjang dari Laut Natuna, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, dan Lampung.

BERITA REKOMENDASI

Daerah konvergensi lain juga terpantau memanjang, dari Laut Jawa sebelah utara Jawa Tengah, Laut Jawa sebelah selatan Kalimantan, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Utara.

Serta daerah konfluensi di Aceh, Riau, Kep. Riau, Selat Karimata, Laut Natuna, Laut Sumbawa, Teluk Cendrawasih, Papua Barat dan Papua.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut.

Simak daftar wilayah di Indonesia yang yang diperkirakan berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang dikutip dari web.meteo.bmkg.go.id:

Cuaca Hari Ini di Wilayah Indonesia

Kamis, 30 November 2023

  • Daftar wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

- Kalimantan Barat

- Kalimantan Tengah

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas