Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

2 Prajurit Gugur di Distrik Paro Papua, Panglima TNI Gunakan Pendekatan Baru Tangani Papua

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menegaskan TNI akan menangani permasalahan di Papua dengan pendekatan smart power.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in 2 Prajurit Gugur di Distrik Paro Papua, Panglima TNI Gunakan Pendekatan Baru Tangani Papua
Tribunnews.com/Gita Irawan
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan KSAD Jenderal Maruli Simanjuntak usai upacara serah terima jabatan di Markas Besar TNI AD Jakarta pada Jumat (1/12/2023).] 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menegaskan TNI akan menangani permasalahan di Papua dengan pendekatan smart power.

Pendekatan smart power sebagaimana yang telah dijelaskan Agus dalam paparannya di hadapan Komisi I DPR saat fit and proper adalah kombinasi antara hard power, soft power, dan diplomasi militer.

Pendekatan hard power dilakukan melalui siaga tempur untuk menghadapi kombatan dalam penegakan hukum.

Pendekatan soft power dilakukan dengan mendukung percepatan pembangunan dan kesejahteraan di Papua dengan semua kementerian lembaga serta para pemangku kepentingan terkait.

Sedangkan diplomasi militer dilakukan dengan menginisiasi kegiatan latihan bersama, patoli terkoordinasi atau pertukaran personel TNI dengan negara-negara di kawasan.

Diplomasi militer ditujukan untuk membangun hubungan interpersonal antarprajurit serta menciptakan persamaan pandangan tentang pendekatan dalam menyelesaikan masalah di Papua.

Baca juga: Sertijab KSAD Jenderal Maruli Simanjuntak Terima Panji Kartika Eka Paksi dari Panglima TNI

BERITA TERKAIT

Hal tersebut disampaikannya menanggapi pertanyaan wartawan soal gugurnya dua prajurit Satgas Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Komando Cadangan Strategis TNI AD (Kostrad) di Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan pada Kamis (30/11/2023).

"Saya sudah sampaikan bahwa penanganan Papua kita harus smart power ya. Menggunakan soft power, menggunakan kalau hard power itu jalan terakhir," kata dia usai Upacara Serah Terima Jabatan KSAD di Mabesad Jakarta pada Jumat (1/12/2023).

"Seperti yang mereka sekarang sudah menyerang-menyerang kita, ya kita gunakan hard power," kata Agus.

Dua Prajurit Gugur di Distrik Paro

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua kembali menyerang prajurit Satgas Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Komando Cadangan Strategis TNI AD (Kostrad) di Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan pada Kamis (30/11/2023).

Akibatnya, dua prajurit Satgas Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa gugur.

Dua prajurit Pandawa Kostrad yang gugur itu adalah Pratu S dan Prada F.

Dua prajurit yang gugur itu menempati pos yang sama seperti empat prajurit lain yang lebih dulu gugur diserang KKB pada Sabtu (25/11/2023).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas