Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kerja Sama dengan Kementan, Panglima TNI Bakal Beri Babinsa Penyuluhan Soal Pertanian

Panglima TNI Jenderal Agus Subyanto bakal memberikan penyuluhan tentang pertanian kepada seluruh Babinsa supaya dapat mengelola lahan.

Penulis: Mario Christian Sumampow
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Kerja Sama dengan Kementan, Panglima TNI Bakal Beri Babinsa Penyuluhan Soal Pertanian
Tribunnews.com/ Mario Christian Sumampow
TNI bersama Kementerian Pertanian menandatangani nota kesepahaman tentang dukungan pelaksanaan pembangunan pertanian. Penandatanganan dilakukan oleh Panglima TNI Jenderal Agus Subyanto dan Mentan Andi Amran Sulaiman di Wisma A, Jakarta Pusat, Senin (4/2/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Mario Christian Sumampow

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Agus Subyanto bakal memberikan penyuluhan tentang pertanian kepada seluruh Babinsa supaya dapat mengelola lahan.

"Nanti akan tentunya babinsa-babinsa saya akan berikan penyuluhan dulu tentang pertanian, bagaimana cara menanam jagung, menanam padi," kata Agus dalam jumpa pers di kawasan Jakarta Pusat, Senin (4/12/2023).

Tujuannya adalah untuk mensejahterakan masyarakat yang juga sesuai dengan visi misi Agus saat fit dan proper test Panglima TNI.

Gagasan untuk memberikan penyuluhan tentang pertanian ini lahir usai TNI bersama Kementerian Pertanian (Kementan) menandatangani kesepakatan hari ini.

Langkah ini juga merupakan satu upaya bagi TNI untuk dapat berintegrasi dengan Kementan.

Baca juga: Panglima TNI Kaji Usulan Doni Monardo Dijadikan Pahlawan Nasional hingga Diabadikan di Mabes TNI

"Tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ungkapnya.

BERITA REKOMENDASI

Dalam kesempatan yang sama Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan nota kesepahaman ini merujuk pada Perpres nomor 5 tahun 2011 yang diteken pada 3 Maret 2011.

"Dulu kami sinergi alhamdulillah kita pernah swasembada tiga kali atas arahan Bapak Presiden Republik Indonesia Joko Widodo," kata Amran.

Baca juga: Prabowo, Wiranto, hingga Panglima TNI Ikuti Prosesi Salat Jenazah Doni Monardo

Dengan kerja sama ini, Andi berharap swasembada pangan bisa kembali terwujud dalam tiga tahun ke depan dengan menekan impor.

"Nah ke depan, sinergi ini kami mencoba menekan impor satu dua tahun ke depan. Kemudian, tahun ketiga mudah-mudahan sudah kembali swasembada," ucap dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas