Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Acara Puncak Hari Nusantara 2023 di Kota Tidore Hari Ini, Kemenhub Siapkan 30 Unit Bus dan 4 Kapal

Acara puncak peringatan Hari Nusantara akan digelar di Kota Tidore, Maluku Utara hari ini, Rabu, 13 Desember 2023. Kemenhub siapkan 30 bis dan 4 kapal

Penulis: Pondra Puger Tetuko
Editor: Febri Prasetyo
zoom-in Acara Puncak Hari Nusantara 2023 di Kota Tidore Hari Ini, Kemenhub Siapkan 30 Unit Bus dan 4 Kapal
wartakota.com
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Siapkan 30 Unit Bis Ukuran Mikro dan 4 Unit Kapal - Acara puncak peringatan Hari Nusantara akan digelar di Kota Tidore, Maluku Utara hari ini, Rabu, 13 Desember 2023. Kemenhub siapkan 30 bis dan 4 kapal untuk transportasi Hari Nusantara 2023. 

TRIBUNNEWS.COM - Acara puncak peringatan Hari Nusantara 2023 telah ditetapkan berlokasi di Kota Tidore, Maluku Utara.

Hari Nusantara diperingati setiap 13 Desember 2023. Namun, acara di Kota Tidore digelar pada 10-13 Desember 2023.

Hari Nusantara diawali dari Deklarasi Juanda pada 13 Desember 1957 dan ditetapkan melalui Ketetapan Presiden RI Nomer 126 Tahun 2001.

Tahun ini Menko Marves telah menunjuk Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sebagai Ketua Pelaksana Penyelenggara peringatan Hari Nusantara 2023.

Pihak Kemenhub pun telah menyiapkan sejumlah sarana dan prasarana, termasuk 30 unit bus ukuran mikro di Tidore-Ternate, dan 4 unit kapal dengan rute Bastiong-Ternate-Rum Tidore.

Baca juga: Kumpulan Link Twibbon Hari Nusantara 2023, Diperingati Setiap 13 Desember

Kapal tersebut beroperasi sebanyak 3 trip, yakni pukul 08.00, 12.30 dan 15.30 dan rute Bastiong - Sofifi dan Bastiong - Sidangoli serta 11 unit kapal penyeberangan perintis dengan 22 lintasan.

Menteri Perhubungan, Budi Karya mengatakan bahwa peringatan ini sebagai momentum untuk mengingat Deklarasi Juanda yang telah memperjuangkan konsek NKRI.

BERITA TERKAIT

“Peringatan Hari Nusantara merupakan sebuah momentum untuk mengingat Deklarasi Djuanda yang memperjuangkan konsep negara kepulauan Indonesia untuk diakui secara internasional dan masih relevan dengan situasi saat ini,” tambahnya.

Gubernur Maluku Utara Bangga dan Berharap Meningkatkan Ekonomi Lokal

Setelah ditunjuk sebagai penyelenggara acara Hari Nusantara 2023, Gubernur Maluku Utara Abdul Gani merasa bangga.

Dia juga berharap hal ini dapat meningkatkan perekonomian lokal secara berkelanjutan.

Provinsi Maluku Utara sendiri perairannya lebih luas dibanding dengan daratan dan perekonomian bergerak dominan melalui jalur laut.

Selain itu, Pemerintah Daerah (Pemda) Maluku Utara saat ini juga fokus meningkatkan akses transportasi degan membangun Bandara Loleo dan mempromosikan Kepulauan Widi untuk berpariwisata.

Baca juga: Tema Peringatan Hari Nusantara 2023 Besok, Acara Puncak Diselenggarakan di Kota Tidore

Acara puncak Hari Nusantara hari ini, 13 Desember 2023 di Kota Tidore ini akan dihadiri Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) serta Kapolda Maluku Utara, berikut rinciannya.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas