Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Prakiraan Cuaca Hari Ini - BMKG: Potensi Hujan Lebat di 23 Wilayah pada Kamis, 28 Desember 2023

BMKG peringatan dini cuaca ekstrem hari ini, Kamis (28/12/2023) waspada hujan lebat berpotensi terjadi di 23 wilayah berikut.

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Febri Prasetyo
zoom-in Prakiraan Cuaca Hari Ini - BMKG: Potensi Hujan Lebat di 23 Wilayah pada Kamis, 28 Desember 2023
Pixabay/Pexels
Ilustrasi Prakiraan Cuaca (Pixabay/Pexels) - Simak informasi BMKG peringatan dini cuaca ekstrem hari ini, Kamis (28/12/2023) waspada hujan lebat berpotensi terjadi di 23 wilayah. 

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem hari ini, Kamis (28/12/2023).

Melansir laman resmi BMKG, sirkulasi siklonik terpantau di Laut Natuna sebelah barat Kalimantan Barat yang membentuk daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang dari Laut China Selatan hingga Selat Malaka, Jambi hingga Kep Selat Karimata, Laut Jawa, hingga Kalimantan Barat.

Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang di Riau hingga perairan barat Sumatera Barat, Laut Sulawesi hingga Selat Makassar, dan di Papua bagian tengah.

Baca juga: Pagi Ini Kabupaten Pangandaran Jawa Barat Diguncang Gempa Magnitudo 5,5

Daerah pertemuan angin (konfluensi) terpantau berada di utara Kalimantan Barat dan di sepanjang Laut Banda hingga Samudra Pasifik selatan Papua.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik, dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Berikut beberapa wilayah yang berpotensi hujan dan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang, dikutip dari bmkg.go.id:

Kamis, 28 Desember 2023

BERITA REKOMENDASI

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

• Aceh

• Sumatera Utara

• Sumatera Barat

• Riau

• Kep. Riau

• Bengkulu

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas