Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Prakiraan Cuaca Hari Ini, Jumat, 29 Desember 2023, BMKG: 29 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat dan Angin

Peringatan dini cuaca hari ini di Indonesia pada Jumat, 29 Desember 2023, terdapat 29 wilayah di Indonesia yang berpotensi terjadi hujan lebat.

Penulis: Muhammad Alvian Fakka
Editor: Febri Prasetyo
zoom-in Prakiraan Cuaca Hari Ini, Jumat, 29 Desember 2023, BMKG: 29 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat dan Angin
TRIBUNNEWS/Gilang Putranto
Ilustrasi cuaca mendung - Peringatan dini cuaca hari ini di Indonesia pada Jumat, 29 Desember 2023, terdapat 29 wilayah di Indonesia yang berpotensi terjadi hujan lebat. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut peringatan dini cuaca hari ini di Indonesia pada Jumat, 29 Desember 2023.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mencatat data prakiraan cuaca hari ini dan sejumlah wilayah diperkirakan terjadi hujan lebat disertai angin.

Dari pengamatan BMKG diketahui prakiraan cuaca hari ini, terdapat 29 wilayah di Indonesia yang berpotensi terjadi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang.

Menurut BMKG, hal itu terjadi karena pusat tekanan rendah terpantau di Selat Karimata sebelah barat Kepulauan Riau yang membentuk daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang dari Laut China Natuna hingga Riau.

Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang, dari Semenanjun Malaysia hingga pesisir barat Sumatra Utara, dari Lampung hingga perairan barat Bengkulu, dari Kalimantan Utara hingga Kalimantan Tengah bagian utara, dari pesisir utara Jawa Timur hingga Jawa Barat, dan dari Sulawesi Tengah hingga Sulawesi Tenggara.

Kemudian, dari Kep. Halmahera hingga Kep. Aru, dari Laut Sawu hingga pesisir Pulau Timor, di Laut Banda, dari Papua Barat hingga Papua Selatan, dan dari Papua Selatan hingga Laut Arafuru.

Baca juga: Sejumlah Rumah di Situbondor Rusak Diterjang Hujan Disertai Angin

Daerah pertemuan angin (konfluensi) terpantau berada di Laut Natuna, Laut Jawa, Laut Banda, dan dari Samudra Hindia Barat Daya Banten hingga Barat Aceh.

BERITA REKOMENDASI

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut.

Simak daftar wilayah di Indonesia yang yang diperkirakan berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang dikutip dari web.meteo.bmkg.go.id.

Cuaca Hari Ini di Wilayah Indonesia

Jumat, 29 Desember 2023

  • Daftar wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

- Banten

- Jawa Barat

- DKI Jakarta

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas