Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Presiden Jokowi Tiba di Filipina, Wapres Ma'ruf Amin Wakili Pemerintah Hadiri HUT PDIP Besok

Presiden Joko Widodo bersama rombongan terbatas tiba di Colonel Jesus Villamor Air Base, Manila, Filipina, usai menempuh penerbangan selama empat jam.

Editor: Wahyu Aji
zoom-in Presiden Jokowi Tiba di Filipina, Wapres Ma'ruf Amin Wakili Pemerintah Hadiri HUT PDIP Besok
TRIBUNNEWS.COM/IST/HO
ILUSTRASI Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) melaksanakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-50. Acara HUT PDIP ke-50 digelar di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Selasa 10 Januari 2023. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo bersama rombongan terbatas tiba di Colonel Jesus Villamor Air Base, Manila, Filipina, usai menempuh penerbangan selama empat jam, Selasa (9/1/2024).

Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang membawa Presiden Jokowi mendarat sekitar pukul 20.05 waktu setempat atau 19.05 WIB.

Di bawah tangga pesawat, tampak menyambut kedatangan Presiden antara lain Menteri Sekretaris Kabinet Filipina Carlito Galvez, Wali Kota Pasay Imelda Calixto-Rubiamno, Duta Besar Filipina untuk Indonesia Gina Jamoralin, Dutra Besar Indonesia untuk Filipina Agus Widjojo beserta istri, Atase Pertahanan RI di Manila Kolonel Bambang Wijonarko beserta istri, dan Angkatan Udara Filipina Brigjen Llyod C. Cabacungan.

Dari Colonel Jesus Villamor Air Base, Presiden Jokowi kemudian langsung melanjutkan perjalanan menuju hotel tempatnya bermalam selama di Manila.

Hadir menyambut kedatangan Presiden di hotel antara lain Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Wakil Duta Besar RI untuk FIlipina Dodo Sudradjat, dan Atase Darat RI di Manila Kolonel Wahyu Akadi.

Di Filipina, Presiden Jokowi diagendakan akan sejumlah pertemuan, salah satunya pertemuan bilateral bersama Presiden Filipina Ferdinand Romualdez Marcos Jr yang akan digelar di Malacanang Palace, besok.

Wapres Ma'ruf Amin wakili pemerintah hadiri HUT PDI Perjuangan besok

Wakil Presiden Ma'ruf Amin memastikan diundang di acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51 PDI Perjuangan yang akan digelar di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. 

BERITA REKOMENDASI

Wapres mengaku akan menghadiri undangan tersebut atas nama Pemerintah, menggantikan Presiden Joko Widodo yang melakukan kunjungan kerja ke Luar Negeri. 

"Saya diundang, ini kan Pak Presiden pergi ke luar negeri. Saya harus hadir, mewakili pemerintah, untuk hadir mewakili undangan itu," kata Maruf Amin dikutip dari Tribun Jogja, saat melakukan kunjungan kerja di Kantor Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta , Selasa (9/1/2024). 

Setelah kunjungan di Yogyakarta hari ini, dirinya akan langsung kembali ke Jakarta. 

"Mudah-mudahan jika tidak ada halangan. Artinya besok pagi saya harus kembali kalau begitu," kata dia. 

Sebagaimana diketahui,Presiden Jokowi pada saat HUT ke-51 PDIP besok, diagendakan melakukan kunjungan kenegaraan ke negara Asean, Filipina.

Sebab itu, Kepala Negara kemungkinan tidak hadir dalam puncak peringatan hari lahir partai berlambang Banteng tersebut, jika sedang kunjungan kerja ke luar negeri. 

"Kalau ada kunjungan ke luar negeri mungkin tidak," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, Jumat, (5/1/2024).

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas