Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Erick Thohir Dorong Peningkatan Mental Health di Lingkungan Kerja Perusahaan BUMN

Menteri BUMN Erick Thohir memberi perhatian khusus terhadap masalah kesehatan mental, yang terutama banyak dialami milenial dan Gen Z.

Editor: Content Writer
zoom-in Erick Thohir Dorong Peningkatan Mental Health di Lingkungan Kerja Perusahaan BUMN
Istimewa
Kegiatan 1000 Manusia Bercerita diselenggarakan oleh Kementerian BUMN di Kawasan Wisata Candi Borobudur pada hari Jumat (12/01). 

TRIBUNNEWS.COM - Kesehatan mental para generasi muda di Indonesia menjadi hal yang diperhatikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Dengan kepedulian yang tinggi akan hal tersebut, Erick Thohir mendorong BUMN untuk menjadi pionir dalam peningkatan mental health di lingkungan kerja perusahaan BUMN, melalui kegiatan 1000 Manusia Bercerita yang diselenggarakan di Kawasan Wisata Candi Borobudur pada hari Jumat (12/01/2023).

Menurut data World Population Review Indonesia ditemukan lebih dari 9 juta kasus depresi yang kebanyakan dialami oleh generasi milenial dan Gen Z. Hal ini menjadi perhatian khusus Menteri BUMN Erick Thohir dalam menghadapi isu kesehatan mental, di mana saat ini 68 persen pegawai BUMN adalah milenial dan Gen Z.

Erick Thohir melalui Staf Khususnya, Arya Sinulingga, menyampaikan bahwa kesehatan mental pegawai merupakan salah satu kunci produktivitas dan keberlanjutan perusahaan. Perusahaan di luar BUMN pun juga dapat melakukan hal yang sama, karena milenial dan gen Z akan menjadi tumpuan SDM produktif Bangsa Indonesia ke depan.

Baca juga: Erick Thohir Konfirmasi Naturalisasi Maarten Paes untuk Timnas Indonesia, Keluarganya Nangis Terharu

“Indonesia Emas 2045 itu akan didominasi oleh generasi milenial dan gen Z. Generasi tersebut yang akan menjadi penerus dalam membangun perekonomian yang berkelanjutan. Dengan kondisi mental yang sehat dan lingkungan kerja yang nyaman pasti produktivitas dan kualitas kita akan meningkat,” jelas Arya.

Pada kegiatan 1000 manusia bercerita, para peserta influencer dan milenial BUMN berkesempatan mengikuti berbagai kegiatan. Peserta juga dapat melakukan konseling gratis dengan psikolog profesional di bilik-bilik yang telah disediakan.

Sesi pertama dimulai dengan meditasi hingga sound healing oleh Putra Wiramuda (Praktisi Mindfullness) dengan suasana sejuk dan panorama keindahan candi Borobudur di pagi hari. Setelah itu, terdapat aktivitas talkshow inspiratif dengan narasumber terkemuka, antara lain Andien (Musisi), Meisya Sallwa (Penulis), Lucia Poppy Novianti (Psikolog).

Baca juga: Erick Thohir Tantang Holding BUMN Pangan Wujudkan Swasembada Gula di 2030

Acara ini diinisiasi oleh Kementerian BUMN dan perusahaan BUMN Bank BRI, Jasa Marga, Injourney yang berkolaborasi dengan Menjadi Manusia.

BERITA REKOMENDASI

Lewat kegiatan ini, para peserta yang merupakan milenial dan Gen Z bisa mendapatkan wadah bercerita dan berkonsultasi, terutama bagi mereka yang telah melewati perjalanan pribadi dalam menghadapi tantangan di lingkungan kerja.

Dengan begitu, kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. (*)

Baca juga: Menteri BUMN Erick Thohir Tunjuk Corsec Bank Mandiri Jadi Direktur KAI

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas