Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Aktivis Antikorupsi Pertanyakan Hubungan Terakhir Menhan Prabowo dengan PT TMI Usai Muncul Polemik

Eks Aktivis ICW mengatakan konflik kepentingan dalam skema-skema kerja di dalam Kementerian Pertahanan sangat terbuka.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Aktivis Antikorupsi Pertanyakan Hubungan Terakhir Menhan Prabowo dengan PT TMI Usai Muncul Polemik
Tribunnews.com/Gita Irawan
Direktur Laboratorium Antikorupsi Adnan Topan Husodo dalam Diskusi Publik bertajuk Mengukur Kinerja Menteri Pertahanan: Dari Alutsista Bekas, Pihak Ketiga Dalam Pengadaan Alutsista PT TMI, Hingga Kepemilikan Lahan di Sadjoe Cafe & Resto Tebet Jakarta Selatan pada Senin (15/1/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Laboratorium Antikorupsi Adnan Topan Husodo mempertanyakan hubungan terakhir antara Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dengan PT Teknologi Militer Indonesia (PT TMI) setelah hal tersebut memuculkan polemik di masyarakat beberapa waktu lalu.

Mantan Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW) tersebut mengatakan konflik kepentingan dalam skema-skema kerja di dalam Kementerian Pertahanan telanjang.

Terutama, kata dia, ketika Menhan lewat surat pada November 2020 menunjuk PT TMI.

Menurutnya, hal tersebut adalah sesuatu yang sangat berkaitan dengan bagaimana sebuah negara dikelola tanpa sebuah sistem antikorupsi yang kuat.

Adnan mengatakan dalam surat itu Prabowo sebagai Menteri Pertahanan menjelaskan di dalam suratnya telah membuat beberapa perusahaan yang dikendalikan langsung oleh dirinya melalui beberapa yayasan termasuk PT TMI.

PT TMI, kata dia, ditetapkan sebagai pihak yang akan mengurus berbagai hal termasuk pengadaan alutsista.

Baca juga: Kritisi Anggaran Alutsista Naik, PDIP Ungkit PT TMI Diisi Kroni-kroni Prabowo

BERITA TERKAIT

Padahal, kata dia, PT TMI adalah perusahaan swasta nasional.

Dalam visi misi-nya PT tersebut masih menyatakan salah satunya adalah untuk mengeksekusi kebijakan dan program terkait Kementerian Pertahanan RI untuk memgembangkan kemandirian alutsista.

Ia lantas mempertanyakan bagaimana mungkin sebuah perusahaan swasta ditunjuk oleh Menhan untuk mengurus proyek alutsista di Kementerian Pertahanan.

PT TMI, kata Adnan, adalah simpul utama untuk seluruh alutsista yang dibeli oleh Menteri Pertahanan.

Hal tersebut disampaikannya dalam Diskusi Publik bertajuk Mengukur Kinerja Menteri Pertahanan: Dari Alutsista Bekas, Pihak Ketiga Dalam Pengadaan Alutsista PT TMI, Hingga Kepemilikan Lahan di Sadjoe Cafe & Resto Tebet Jakarta Selatan pada Senin (15/1/2024).

"Kalau kita coba websitenya PT TMI hari ini, di situ masih ada, masih jelas eksistensinya, meskipun sudah diributkan, masih jalan," kata dia.

"Dan kita nggak tahu bagaimana hubungan terakhir antara Prabowo dengan PT TMI ini. Setelah dikritisi berbagai pihak, apakah diputus oke skemanya berubah, atau tetap berjalan sesuai dengan skema dalam surat yang pernah terbit pada saat itu?" sambung dia.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas