Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sambut Arus Mudik Lebaran, Kakorlantas Polri Evaluasi Kesiapan Jalur Tol Jakarta-Semarang

Kakorlantas Polri meninjau Jalur Tol Jakarta - Semarang, Jawa Tengah dalam rangka persiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2024 menyambut arus mudik

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in Sambut Arus Mudik Lebaran, Kakorlantas Polri Evaluasi Kesiapan Jalur Tol Jakarta-Semarang
dok. Korlantas Polri
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan meninjau Jalur Tol Jakarta - Semarang Jawa Tengah dalam rangka persiapan arus mudik libur Lebaran, Senin (26/2/2024) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan meninjau Jalur Tol Jakarta - Semarang, Jawa Tengah dalam rangka persiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2024 menyambut arus mudik libur Lebaran.

Aan menyatakan ruas jalur tol Jakarta-Semarang sudah siap digunakan saat mudik lebaran 2024, dan akan pihak Korlantas akan memastikan tidak ada proses pengerjaan sebelum hari raya berlangsung.

"Hari ini kita melaksanakan kegiatan survei kesiapan untuk kegiatan pngamanan Libur Idul Fitri tahun 2024, kesiapan kegiatan pengamanan dari kita seluruh dan stakeholder sudah cukup siap, baik tol maupun jalur arteri," ujar Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan, di Pos Polisi Cikopo, Senin (26/2/2024).

Adapun sarana prasarana yang ada sudah siap dilalui, di mana beberapa tol telah dilengkapi CCTV, Traffic Counting di Cipali, dan CCTV di Cisumdawu yang terintegrasi dengan Command Center KM 29.

"Dari prediksi teman-teman di BUJT terutama Jasa Marga diprediksi ada peningkatan 5-6 persen masyarakat pada Libur Idul Fitri yang akan keluar dari Jabodetabek, ini ada sekitar hampir 200 juta masyarakat Indonesia akan memanfaatkan atau akan melaksanakan mudik kemudian berwisata," jelas dia.

Ia menjelaskan berdasarkan evaluasi Polda Jawa Tengah, ada tiga klaster yang menjadi perhatian. Rest area yang masih menjadi trouble spot akan dikelola bersama soal bagaimana mengatasi masyarakat yang menuju tempat peristirahatan, agar arus lalu lintas tetap berjalan lancar.

BERITA TERKAIT

Selain itu, lanjutnya, permasalahan yang sering terjadi juga karena pengendara yang tidak memiliki saldo e-tol tepat di pintu gerbang tol. Hal tersebut membuat terjadinya perlambatan arus lalu lintas.

"Angkutan barang nanti mungkin akan ada pembatasan terutama sumbu 3 ke atas ini akan kita batasi untuk mengurangi beban arus lalu lintas di jalan tol," tegas Aan.

Korlantas Polri kata Aan, turut memperhatikan jalur wisata, dan bakal melakukan evaluasi pengelolaan arus lalu lintas pada jalur menuju destinasi wisata.

"Kolaborasi dan sinergi diantara kami ini mengelola arus lalu lintas nanti pada saat arus mudik dan arus balik," papar dia.

Turut hadir, Direktur Utama PT. Jasa Raharja Rivan A Purwantono, Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi, Direktur Lalu Lintas Jalan Kementerian Perhubungan Ahmad Yani.

Baca juga: KAI: 210 Ribu Tiket Kereta Jarak Jauh Periode Keberangkatan Mudik Lebaran Telah Ludes Terjual

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas