Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tawa Jokowi saat Tanggapi Isu Jadi Ketua Umum Golkar: Saya Sementara Ketua Indonesia Saja

Tawa Presiden Jokowi menjawab pertanyaan awak media soal isu dirinya akan menjadi Ketua Umum Partai Golkar, Kamis (21/3/2024).

Penulis: Muhamad Deni Setiawan
Editor: Febri Prasetyo
zoom-in Tawa Jokowi saat Tanggapi Isu Jadi Ketua Umum Golkar: Saya Sementara Ketua Indonesia Saja
Sekretariat Presiden
Jokowi di Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis, (21/3/2024). Jokowi) buka suara soal dirinya yang diisukan akan menjadi Ketua Umum Golkar. Sambil tertawa Jokowi menanggapi isu tersebut dengan berseloroh bahwa sementara ini ia menjadi Ketua Indonesia. 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjawab pertanyaan awak media soal isu dirinya akan menjadi Ketua Umum Partai Golkar.

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, Jokowi sempat mengeluarkan sedikit tawa.

Lalu, ia mengatakan sementara ini dirinya menjadi "Ketua" Indonesia saja.




"He-he-he. Saya sementara ini, Ketua Indonesia saja. He-he-he," jawab Jokowi di Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (21/3/2024).

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Melchias Markus Mekeng, telah buka suara mengenai isu Presiden Jokowi akan maju sebagai calon ketua umum partainya dalam Musyawarah Nasional (Munas) Desember 2024.

Mekeng mengatakan seluruh kader Golkar bisa maju sebagai calon ketua umum sepanjang memenuhi persyaratan yang diatur dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART).

"Kalau calon itu dia harus melakukan pendekatan kepada pemilik suara minimum sepertiga dari pemilik suara itu harus memberikan dukungan supaya dia bisa menjadi calon," kata Mekeng kepada Tribunnews.com, Senin (11/3/2024).

BERITA TERKAIT

Lebih lanjut, anggota Komisi XI DPR RI ini mempersilakan siapa pun bergabung dengan Golkar, termasuk Presiden Jokowi.

"Masuk dulu bergabung sebagai anggota, setelah itu mengikuti aturan yang ada. Kalau itu aturan yang ada, ya, itu berlaku untuk semua orang," sambungnya.

Mekeng menuturkan salah satu syarat yang mesti dipenuhi seorang kader apabila maju sebagai calon ketua umum adalah minimal menjadi pengurus selama lima tahun.

"Misalnya, harus kalau mau jadi ketua umum dia harus menjadi pengurus lima tahun sebelumnya di DPP atau di tingkatkan di bawahnya," kata Mekeng.

Baca juga: Berebut Beringin: Airlangga Vs Jokowi

Sementara itu, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, enggan memberikan banyak komentar mengenai isu Jokowi akan maju sebagai calon ketua umum.

Airlangga justru mempertanyakan dari mana kabar tersebut awalnya berhembus.

"Kata siapa?" kata Airlangga di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (19/3/2024).

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas