Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Berita Foto : Potret Perjuangan Pemudik Melepas Rindu ke Kampung Halaman

Momen mudik tiap tahunnya menjadi momen yang ditunggu umat Islam di Indonesia. Kemenhub memprediksi terjadi lonjakan pemudik dibandingkan tahu lalu.

Penulis: Herudin
zoom-in Berita Foto : Potret Perjuangan Pemudik Melepas Rindu ke Kampung Halaman
AFP/DEVI RAHMAN
Penumpang dengan sepeda motor menunggu untuk turun dari kapal perang TNI Angkatan Laut Banda Aceh saat sekitar 1000 orang menerima transportasi gratis dari Jakarta menjelang Idul Fitri, yang menandai berakhirnya bulan puasa Ramadhan, di pelabuhan Tanjung Emas di Semarang, Tengah Jawa, pada 6 April 2024. (Photo by DEVI RAHMAN / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mudik lebaran menjadi momen yang ditunggu umat Islam Indonesia, berbagai cara dilakukan agar bisa melepas rindu kepada keluarga di kampung halaman.

Mobil menunggu untuk menaiki kapal feri saat masyarakat kembali ke kampung halamannya menjelang Idul Fitri, yang menandai berakhirnya bulan puasa Ramadhan, di pelabuhan Merak di Cilegon, Jawa Barat, dini hari pada 6 April 2024. (Photo by DZIKI OKTOMAULIYADI / AFP)
Mobil menunggu untuk menaiki kapal feri saat masyarakat kembali ke kampung halamannya menjelang Idul Fitri, yang menandai berakhirnya bulan puasa Ramadhan, di pelabuhan Merak di Cilegon, Jawa Barat, dini hari pada 6 April 2024. (Photo by DZIKI OKTOMAULIYADI / AFP) (AFP/DZIKI OKTOMAULIYADI)

Semua jalur transportasi seperti darat, udara, dan laut dipenuhi pemudik untuk sampai ke kampung halaman. Berikut sejumlah foto pemudik lebaran 2024 yang berhasil diabadikan lensa fotografer.

Sejumlah kendaraan memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama menuju arah Tol Cipali di Karawang, Jawa Barat, Sabtu (6/4/2024). Korlantas Polri memberlakukan contraflow di Jalan Tol Jakarta Cikampek Km 36 - Km 72 dan one way dari Tol Cikatama Km 72-Tol Kalikangkung Km 414 untuk mengurai volume kendaraan yang meningkat pada arus mudik lebaran 2024. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Sejumlah kendaraan memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama menuju arah Tol Cipali di Karawang, Jawa Barat, Sabtu (6/4/2024). Korlantas Polri memberlakukan contraflow di Jalan Tol Jakarta Cikampek Km 36 - Km 72 dan one way dari Tol Cikatama Km 72-Tol Kalikangkung Km 414 untuk mengurai volume kendaraan yang meningkat pada arus mudik lebaran 2024. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Kemacetan panjang terjadi pada jalur darat terutama di sejumlah daerah di pulau Jawa. Selain itu, kemacetan terjadi pada jalur yang mengarah ke pelabuhan penyeberangan seperti di Merak.

Mobil menunggu untuk menaiki kapal feri saat masyarakat kembali ke kampung halamannya menjelang Idul Fitri, yang menandai berakhirnya bulan puasa Ramadhan, di pelabuhan Merak di Cilegon, Jawa Barat, dini hari pada 6 April 2024. (Photo by DZIKI OKTOMAULIYADI / AFP)
Mobil menunggu untuk menaiki kapal feri saat masyarakat kembali ke kampung halamannya menjelang Idul Fitri, yang menandai berakhirnya bulan puasa Ramadhan, di pelabuhan Merak di Cilegon, Jawa Barat, dini hari pada 6 April 2024. (Photo by DZIKI OKTOMAULIYADI / AFP) (AFP/DZIKI OKTOMAULIYADI)




Meski harus mengalami kemacetan parah hingga bergerak, pemudik rela menjalaninya. Pemudik juga harus rela beristirahat di pinggir jalan karena susah mencari rest area.

Pemudik menyantap makanan untuk sahur di pinggir jalan ruas Tol Jakarta-Cikampek KM 70, Cikampek, Jawa Barat, Sabtu (6/4/2024). Pemudik menyantap sahur di pinggir jalan tol untuk menghindari penumpukan di rest area. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Pemudik menyantap makanan untuk sahur di pinggir jalan ruas Tol Jakarta-Cikampek KM 70, Cikampek, Jawa Barat, Sabtu (6/4/2024). Pemudik menyantap sahur di pinggir jalan tol untuk menghindari penumpukan di rest area. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Antrean pemudik juga terjadi pada moda transportasi kereta api dan di bandara. Pemudik rela menunggu hingga tertidur untuk bisa berangkat.

Seorang wanita menunggu penerbangannya di bandara internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur pada 6 April 2024, saat masyarakat mudik menjelang hari raya Idul Fitri yang menandai berakhirnya bulan suci Ramadhan. (Photo by JUNI KRISWANTO / AFP)
Seorang wanita menunggu penerbangannya di bandara internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur pada 6 April 2024, saat masyarakat mudik menjelang hari raya Idul Fitri yang menandai berakhirnya bulan suci Ramadhan. (Photo by JUNI KRISWANTO / AFP) (AFP/JUNI KRISWANTO)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi puncak mudik tahun ini akan terjadi pada 8 April 2024. Sebanyak 193 juta orang akan melakukan mudik tahun ini. Sebanyak 28,4 juta di antaranya berasal dari Jabobetabek.

Penumpang turun dari kapal perang TNI Angkatan Laut Banda Aceh saat sekitar 1000 orang menerima transportasi gratis dari Jakarta menjelang Idul Fitri, yang menandai berakhirnya bulan puasa Ramadhan, di pelabuhan Tanjung Emas di Semarang, Jawa Tengah, pada bulan April 6 Agustus 2024. (Photo by DEVI RAHMAN / AFP)
Penumpang turun dari kapal perang TNI Angkatan Laut Banda Aceh saat sekitar 1000 orang menerima transportasi gratis dari Jakarta menjelang Idul Fitri, yang menandai berakhirnya bulan puasa Ramadhan, di pelabuhan Tanjung Emas di Semarang, Jawa Tengah, pada bulan April 6 Agustus 2024. (Photo by DEVI RAHMAN / AFP) (AFP/DEVI RAHMAN)
Penumpang menunggu untuk menaiki bus mereka di terminal bus di Banda Aceh pada 6 April 2024, saat masyarakat menuju kampung halamannya untuk merayakan Idul Fitri, yang menandai berakhirnya bulan suci Ramadhan. (Photo by CHAIDEER MAHYUDDIN / AFP)
Penumpang menunggu untuk menaiki bus mereka di terminal bus di Banda Aceh pada 6 April 2024, saat masyarakat menuju kampung halamannya untuk merayakan Idul Fitri, yang menandai berakhirnya bulan suci Ramadhan. (Photo by CHAIDEER MAHYUDDIN / AFP) (AFP/CHAIDEER MAHYUDDIN)

Lihat foto lainnya klik di sini : Potret perjuangan pemudik melepas rindu ke kampung halaman

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas