Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hilangnya Tradisi Jokowi Buka Puasa Bersama Pimpinan Lembaga Negara di Tahun Terakhir Jabat Presiden

Sampai penghujung bulan Ramadan 2024, kebiasaan yang dilakukan Presiden Joko Widodo berbuka puasa bersama pimpinan lembaga negara

Editor: Wahyu Aji
zoom-in Hilangnya Tradisi Jokowi Buka Puasa Bersama Pimpinan Lembaga Negara di Tahun Terakhir Jabat Presiden
TRIBUNNEWS.COM/Kolonel Sus Taibur Rahman
ILUSTRASI Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., beserta Kapolri, Jenderal Polisi Prof. H.M. Tito Karnavian melaksanakan Buka Puasa Bersama Presiden RI Ir. H. Joko Widodo dengan 20.000 Prajurit TNI, Polri, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, yang bertemakan Dengan Hikmah Puasa Ramadhan 1440 H/ 2019 M Kita Perkuat Soliditas Dan Sinergi TNI-Polri Dalam Rangka Menjamin Stabilitas Keamanan Nasional, bertempat di lapangan Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Kamis (16/5/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sampai penghujung bulan Ramadan 2024, kebiasaan yang dilakukan Presiden Joko Widodo berbuka puasa bersama pimpinan lembaga negara seperti DPR atau MPR tidak dilakukan.

Dari catatan Tribunnews, Jokowi hanya dua kali menggelar buka puasa bersama terbuka di Istana.

Pertama bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin, sejumlah menteri dan kepala lembaga negara eksekutif dan yudikatif di Istana Negara, Jakarta, Kamis, (28/3/2024).

Kedua bersama relawan pendukungnya di Istana Kepresidenan RI di Jakarta, Senin (1/4/2024).

Buka puasa bersama tersebut tidak ada dalam agenda resmi Kepresidenan.

Setelah dan selama masa pandemi Covid-19, Jokowi menerbitkan aturan melarang buka puasa bersama (bukber) selama Ramadhan 1444 Hijriah.

Aturan itu dibuat hanya berlaku bagi pejabat negara.

BERITA TERKAIT

Oleh karena itu, Presiden menegaskan masyarakat boleh menggelar buka puasa bersama.

"Terkait dengan larangan buka puasa bersama untuk pejabat pemerintah perlu saya sampaikan, pertama bahwa arahan untuk tidak buka bersama hanya ditujukan untik internal pemerintah," ujar Jokowi dalam keterangan pers secara daring pada Senin (27/3/2023).

"Khususnya (untuk) para menko, para menteri dan kepala lembaga non pemerintah. Bukan untuk masyarakat umum. Sekali lagi bukan untuk masyarakat umum," ucap dia.

Kepala Negara lantas menjelaskan alasan larangan buka bersama dibuat.

Menurutnya, saat ini publik sedang ramai menyoroti kehidupan para pejabat yang kerap memamerkan kemewahan.

Oleh karena itu, dia meminta agar jajaran pemerintah menyambut puasa Ramadhan 1444 Hijriah kali ini dengan semangat kesederhanaan.

"Tidak berlebihan dan agar anggaran yang biasa dipakai untuk buka bersama kita alihkan. Kita isi untuk kegiatan yang lebih bermanfaat," ungkap Jokowi. 

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas