Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Meski Kalah dari Uzbekistan, Wapres Tetap Optimis Timnas Indonesia U-23 Bisa Lolos Olimpiade Paris

Tiket itu bisa didapat jika anak asuhan Shin Tae-Yong bisa keluar sebagai juara 3 pada gelaran Piala Asia tahun ini.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Meski Kalah dari Uzbekistan, Wapres Tetap Optimis Timnas Indonesia U-23 Bisa Lolos Olimpiade Paris
AFP/KARIM JAAFAR
Para pemain Indonesia berfoto bersama jelang laga semifinal Piala Asia U23 AFC Qatar 2024 antara Indonesia kontra Uzbekistan di Stadion Abdullah Bin Khalifa Doha pada 29 April 2024. (Foto oleh Karim JAAFAR / AFP) 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Presiden RI (Wapres) KH. Ma'ruf Amin turut berkomentar soal hasil kaga Semifinal Piala AFC U-23 yang mempertemukan Timnas Indonesia dengan Uzbekistan, Senin (29/4/2024) malam.

Dalam laga tersebut, pasukan Garuda Muda harus mengakui keunggulan 0-2 atas Uzbekistan lewat gol dari Khusain Norchaev di menit 69 dan gol bunuh diri dari Arhan Pratama di menit 82.

Baca juga: Wapres Janjikan Bakal Undang Timnas Indonesia U23 ke Istana jika Lolos Olimpiade Paris

Meski kalah dari tim asuhan Timur Kapadze itu, Wapres Ma'ruf tetap percaya diri kalau Timnas Indonesia U-23 bisa lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Tiket itu bisa didapat jika anak asuhan Shin Tae-Yong bisa keluar sebagai juara 3 pada gelaran Piala Asia tahun ini. Syaratnya, Timnas Indonesia harus menundukkan Timnas Irak U-23.

Baca juga: Begini Skuad Mewah Timnas Indonesia: STY Makin Pusing, Tiket Piala Dunia Bukan Mustahil

"Kita masih punya harapan ikut di Olimpiade. Kita bisa juara 3 kalau menang lawan Irak," kata Ma'ruf Amin saat jumpa pers di Istana Wapres, Selasa (30/4/2024).

Kata dia, jika memang pencapaian itu bisa terwujud maka akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi bangsa Indonesia.

BERITA REKOMENDASI

Terlebih, prestasi itu akan menjadi sejarah baru bagi persepakbolaan tanah air dengan lolos ke Olimpiade selama puluhan tahun lebih.

"Kalau kita bisa memenangkan pertandingan untuk merebut juara tiga, akan jadi kebanggaan tersendiri dan sejarah baru. Kebanggan juga karena bisa masuk olimpiade untuk pertama kalinya," ujar dia.

Atas hal itu, Wapres merasa yakin dan optimistis kalau Rizki Ridho dkk bisa menundukkan Timnas Irak U-23 dalam perebutan juara 3 nantinya.

Rasa percaya diri itu disampaikan oleh Wapres karena menurut dia, komposisi hingga kualitas permainan Timnas U-23 saat ini sudah lebih baik.

"Ini masih bisa, dan sangat mungkin (lolos Olimpiade) karena kualitas kita sama dari segi permainan kita bisa mengimbangi dan sudah dalam kelas yang sama," ujar Wapres.

"Artinya kalah dan menang nya itu tipis-tipis saja, permainannya sudah seimbang, karena itu tinggal menjaga permainan, semangat dan waspada dalam menghadapi serangan-serangan. Mari kita doakan bersama," tukas dia.

Baca juga: Tinta Emas Piala Asia U23 Belum Kering, Timnas Indonesia Masih Bisa Cetak Dua Sejarah Fenomenal

Sebagai informasi, Timnas Indonesia U-23 harus mengakui keunggulan Uzbekistan U-23 dalam gelaran Semifinal Piala Asia U-23 di Stadion Abdullah bin Khalifah, Doha, Qatar, Senin (29/4/2024) malam tadi.

Dengan begitu, Uzbekistan dipastikan menjadi finalis turnamen sepakbola kategori usia untuk Asia tersebut. Tak hanya itu, Uzbekistan memastikan satu tiket Olimpiade Paris 2024 mendatang.

Meski demikian, Timnas Indonesia U-23 tetap memiliki asa untuk bisa lolos ke Olimpiade bersama dengan Uzbekistan dan Jepang.

Target itu bisa dicapai apabila anak asuh Shin Tae-Young bisa mengamankan posisi juara 3 dengan melawan Irak U-23 nantinya.

Adapun perebutan tempat ke-tiga untuk gelaran Piala Asia U-23 akan digelar pada 2 Mei 2024 lusa antara Timnas Indonesia melawan Irak.

Dalam pertemuan ini, tidak ada alasan lain untuk Indonesia memenangkan pertandingan guna mengamankan satu tiket tersisa untuk melaju ke Olimpiade Paris.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas