Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Anggota Wantimpres: Kebaya Bukan hanya Budaya tapi Bisa Menggerakkan Perekonomian Bangsa

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Putri Kus Wisnu Wardani mengajak perempuan Indonesia mempopulerkan kembali kebaya

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Erik S
zoom-in Anggota Wantimpres: Kebaya Bukan hanya Budaya tapi Bisa Menggerakkan Perekonomian Bangsa
Istimewa
Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Putri Kus Wisnu Wardani mengajak perempuan Indonesia mempopulerkan kembali kebaya dan turut menyemarakkan Hari Kebaya Nasional (HKN) 2024 yang akan diselenggarakan di Jakarta, 24 Juli 2024 mendatang 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Putri Kus Wisnu Wardani mengajak perempuan Indonesia mempopulerkan kembali kebaya dan turut menyemarakkan Hari Kebaya Nasional (HKN) 2024 yang akan diselenggarakan di Jakarta, 24 Juli 2024 mendatang.

Putri juga mengajak  perempuan Indonesia untuk turut mengapresiasi serta mempopulerkan kebaya karena tidak hanya budaya bangsa yang harus dilestarikan tapi merupakan sumber inspirasi untuk menggerakkan perekonomian bangsa.

"Pengunaan kebaya dan aksesoris bisa menggerakkan perekonomian usaha mikro kecil dan menengah dan kebaya merupakan cara berpakaian perempuan Indonesia pada umumnya," kata Putri Kus Wisnu Wardani, di Jakarta, Selasa (4/6/2024).

Baca juga: Kowani: Kebaya Miliki Andil Besar Dalam Proses Kemerdekaan

Saat ini, dia melihat sudah mulai banyak generasi muda yang mengenakan kebaya dan bisa dipadupadankan secara sederhana dan bisa digunakan pada acara tidak selalu resmi.

"Kebaya bisa digunakan untuk bekerja, berjualan maupun beraktivitas lain dengan mengenakan bawahan yang disesuaikan dengan kondisi dan situasi yang ada,” katanya.

Sementara Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat mengatakan, penyelenggaraan HKN tersebut juga berdasarkan Kepres 19/2023 tentang Hari Kebaya Nasional.

BERITA TERKAIT

"Aturan itu menetapkan tanggal 24 Juli sebagai Hari Kebaya Nasional," kata Lestari.

Ia berharap pelaksanaan HKN 2024 dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk terus mengapresiasi dan melestarikan budaya bangsa.

Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani) yang merupakan penanggung jawab HKN 2024, Giwo Rubianto Wiyogo mengatakan, HKN akan dihadiri lebih dari 7.000 perempuan Indonesia dan rencananya akan dibuka langsung Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Komunitas Kebaya Menari Gelar Kebaya Natal 2023, Ada Kebaktian hingga Tarian Nusantara

“HKN 2024 ini akan dihadiri ribuan perempuan Indonesia dari berbagai profesi mulai dari menteri, pilot, pengemudi, perempuan pekerja, sampai pedagang jamu hingga pedagang pasar,” ujar Giwo.

Pelaksanaan HKN 2024 mengusung tema “Lestarikan Budaya dengan Bangga Berkebaya”, dan merupakan kerja sama Kowani, Kementerian pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, komunitas kebaya, media massa, dan pemangku kepentingan lainnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas