Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Retno Marsudi Temui PM dan Menlu Malaysia, Sepakat Upayakan Persiapan Dibentuknya Negara Palestina

Indonesia dan Malaysia sepakat bersikap tegas dan aktif dalam forum internasional, seperti Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) maupun PBB.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Retno Marsudi Temui PM dan Menlu Malaysia, Sepakat Upayakan Persiapan Dibentuknya Negara Palestina
istimewa
Menlu Retno Marsudi. Indonesia dan Malaysia sepakat bersikap tegas dan aktif dalam forum internasional, seperti Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) maupun Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mendukung Palestina, serta penyelesaian konflik dengan Israel. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Malaysia, Dato’ Seri Anwar Ibrahim dan Menlu Malaysia Dato’ Seri Utama Haji Mohamad bin Haji Hasan, di Putra Jaya, Malaysia, Rabu (3/7/2024).

Dalam pertemuan bilateral itu, salah satu yang dibahas adalah isu Palestina.

Baca juga: Menteri Israel Ben-Gvir Minta Tahanan Palestina Dieksekusi dengan Cara Ditembak Kepalanya

Indonesia dan Malaysia sepakat bersikap tegas dan aktif dalam forum internasional, seperti Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) maupun Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mendukung Palestina, serta penyelesaian konflik dengan Israel.

"Indonesia dan Malaysia sepakat untuk terus bersikap tegas dan aktif di berbagai forum internasional serta secara bilateral akan terus mendukung Palestina," kata Retno dalam keterangan resminya, Rabu.

Selain itu Retno juga menegaskan bahwa sikap Indonesia akan terus konsisten untuk memastikan gencatan senjata segera dan permanen, kelancaran bantuan kemanusiaan bagi warga Palestina.

Indonesia juga terus berupaya memastikan persiapan pembentukan negara Palestina, serta implementasi solusi dua negara atau two-state solution antara Palestina-Israel.

Baca juga: Kapasitas Cuma 14.500, Israel Paksa 21.000 Tahanan Palestina Berjejal di Penjara Gurun Negev

BERITA TERKAIT

"Saya sampaikan bahwa Indonesia akan terus lakukan upaya untuk memastikan adanya gencatan senjata yang segera dan permanen, tersampaikannya bantuan kemanusiaan tanpa hambatan, dan persiapan bagi dibentuknya negara Palestina (termasuk masalah pengakuan dan keanggotaan penuh di PBB), serta tentunya kita akan terus dorong implementasi dari two-state solution," ungkap Retno.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas