Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kantor Menkominfo Budi Arie Setiadi Didemo Massa dan Disindir dengan Kloset Imbas PDN Bobol Diretas

Tepat di sebelah kloset, terdapat tulisan yang dibuat menggunakan plester bertuliskan “Buang Budi” lengkap dengan logo tong sampah.

Penulis: Mario Christian Sumampow
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Kantor Menkominfo Budi Arie Setiadi Didemo Massa dan Disindir dengan Kloset Imbas PDN Bobol Diretas
Tribunnews.com/Mario Christian Sumampaow
Sebuah kloset duduk dibawa oleh massa pengunjuk rasa di depan Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI di Jakarta, Rabu (10/7/2024). Unjuk rasa dilakukan pasca-bobolnya sistem Pusat Data Nasional Sementara 2 (PDNS 2) usai diretas serangan Ransomware.  

Laporan Wartawan Tribunnews, Mario Christian Sumampow 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebuah kloset duduk diletakkan massa pengunjuk rasa di depan kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI di Jakarta, Rabu (10/7/2024). 

Di kloset itu juga diletakkan sebuah topeng wajah Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi, dengan peci hitam di kepalanya. 

Kloset tersebut diletakkan pengunjuk rasa di depan barisan polisi yang menjaga demo.

Tepat di sebelah kloset, terdapat tulisan yang dibuat menggunakan plester bertuliskan “Buang Budi” lengkap dengan logo tong sampah. 

Massa aksi yang tergabung dalam Aliansi Keamanan Siber untuk Rakyat (Akamsi) ini mendesak Budi Arie Setiadi mundur dari jabatannya. 

"Yang pertama, sebetulnya meminta tanggung jawab pemerintah, salah satunya dengan mendorong Budi Arie sebagai Menteri Kominfo untuk mundur dari jabatannya, karena selama ini kita melihat ada ketidakbecusan dalam saat dia jadi menteri," kata Direktur Eksekutif Southeast Asia Freedom of Expression Network (SAFEnet), Nenden Sekar Arum di lokasi. 

BERITA TERKAIT

"Selain itu, menuntut Jokowi sebagai presiden (bertanggung jawab) yang menunjuk Menteri Kominfo yang mengisi jabatan Kominfo strategis ini dengan orang-orang yang tidak capable," ia menambahkan. 

Baca juga: PDNS Diretas, Praktisi Keamanan Siber Nilai Menkominfo Tak Kompeten

Aksi unjik rasa ini digelar sebagai respons atas bobolnya sistem Pusat Data Nasional Sementara 2 (PDNS 2) usai diretas serangan Ransomware, yang mengakibatkan pelanggaran hak-hak digital secara masif. 

Bobolnya PDNS 2 telah menimbulkan kerugian materiil dan imateril bagi warga, menyulitkan akses terhadap layanan publik, dan mengancam keamanan data pribadi warga.

Selain mendesak Budi Arie Setiadi mundur dari jabatannya, Akamsi juga meminta supaya proses investigasi atas bobolnya PDNS 2 investigasi dilakukan secara akuntabel, transparan, menyeluruh, tuntas, dan dipublikasikan secara berkala sehingga publik menerima informasi yang akurat.

Serta memberikan ganti rugi kepada warga yang terdampak oleh bobolnya PDNS 2.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas