Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ketua Umum PP KMHDI: Moderisasi Beragama Mampu Hadirkan Rasa Aman dan Nyaman Bagi Pemeluk Agama

Kementerian Agama memperkenalkan moderisasi beragama untuk menghasilkan kohesi dan rasa persaudaraan antar umat begarama.

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Ketua Umum PP KMHDI: Moderisasi Beragama Mampu Hadirkan Rasa Aman dan Nyaman Bagi Pemeluk Agama
kmhdi.org
Ketua Umum Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) I Wayan Darmawan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Agama memperkenalkan moderisasi beragama untuk menghasilkan kohesi dan rasa persaudaraan antar umat begarama.

Ketua Umum PP KMHDI I Wayan Darmawan mengatakan moderisasi beragama membuat ketegangan antar umat beragama menjadi berkurang sehingga polarisasi dapat dihindari.

"Ini bukti program moderasi beragama memberikan dampak signifikan,” kata dia dalam keterangannya pada Jumat (12/7/2024).




Menurut dia, Kementerian Agama di bawah kepemimpinan Gus Yaqut konsisten memberlakukan hak-hak umat dalam beragama dengan setara.

Kata dia, konsistensi ini mendorong kerukunan umat beragama tercapai di masyarakat yang penuh keberagaman.

“Pelayanan Kemenag sangat dirasakan oleh para pemeluk agama di Indonesia, terlebih agama minoritas. Gus Yaqut menghadirkan rasa aman dan nyaman bagi pemeluk agama minoritas menjalankan ibadah," ujarnya.

Di bawah kepemimpinan Gus Yaqut, kata dia, Kemenag menjadi lembaga yang inklusif. Kementerian yang mengayomi seluruh perbedaan, utamanya dalam memberikan pelayanan di bidang keagamaan.

BERITA TERKAIT

Tidak sekadar mewujudkan kerukunan umat beragama, dia menilai Gus Yaqut mempunyai integritas dan keberanian. 

Hal ini terlihat saat Gus Yaqut tegas menghadapi isu miring soal pelaksanaan ibadah Haji 2024.

Gus Yaqut bisa saja menyalahkan para petugas haji atau penyelenggara, namun, kata dia, tidak pernah dilakukan. Ini menjadi bukti Gus Yaqut menunjukkan integritasnya dalam memimpin.

Sehingga, dia menambahkan tidak heran, jika para jemaah haji Indonesia tahun 2024 ikut mengapresiasi atas keberhasilannya dalam pelakasanaan Ibadah Haji 2024.

Baca juga: Menag Gus Yaqut Instruksikan Para ASN Jalankan Mentalitas Pelayanan

“Antara tindakan dan pikiran tidak pernah bias, tidak pernah bermakna ganda. Berhasil dan tidaknya bisa dilihat dari kesaksian para jemaah. Jemaah mengapresiasi petugas haji, pelayanan yang diberikan Kemenag dinilai sukses oleh mereka,” pungkasnya. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas