Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun
Tujuan Terkait

Pidato di Forum Politik Tingkat Tinggi New York, Mensos Risma Bahas Pengentasan Kemiskinan 

Mensos Risma pidato di Forum Politik Tingkat Tinggi (High Level Political Forum) New York, Kamis (11/7/2024) bahas program pengentasan kemiskinan.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Pidato di Forum Politik Tingkat Tinggi New York, Mensos Risma Bahas Pengentasan Kemiskinan 
Istimewa
Menteri Sosial Tri Rismaharini. Tri Rismaharini, menyampaikan pidato pada Forum Politik Tingkat Tinggi (High Level Political Forum) yang dilaksanakan oleh Kelompok Tugas Global Pemerintah Daerah dan Regional (UCLG) di New York, Kamis (11/7/2024).  

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini, menyampaikan pidato pada Forum Politik Tingkat Tinggi (High Level Political Forum) yang dilaksanakan oleh Kelompok Tugas Global Pemerintah Daerah dan Regional (UCLG) di New York, Kamis (11/7/2024). 

Dalam pidatonya, Risma menekankan pentingnya data akurat dan pengunaan teknologi dalam program pengentasan kemiskinan

"Kami percaya bahwa hanya dengan bekerja sama, dunia akan menjadi tempat yang lebih baik untuk semua, inklusif tanpa kemiskinan dan kelaparan," ujar Risma melalui keterangan tertulis, Jumat (12/7/2024).




Risma juga menjelaskan bahwa data kemiskinan harus diperbarui setiap bulan oleh Pemerintah Daerah untuk merancang solusi yang tepat, baik untuk mengurangi pengeluaran keluarga maupun meningkatkan pendapatan mereka. 

Dengan data yang akurat, berbagai program bantuan sosial dapat disalurkan dengan lebih efektif.

Pemerintah Indonesia telah meluncurkan program permakanan gratis bagi kelompok rentan. 

Selain itu, bantuan sosial seperti Program Keluarga Harapan (PKH), sembako, dan anak Yatim Piatu (YAPI) disalurkan setiap bulan melalui transfer tunai kepada keluarga miskin. 

BERITA TERKAIT

"Kami sekarang dapat menyediakan program permakanan gratis bagi lansia dan penyandang disabilitas yang tinggal sendiri. Program ini didukung oleh kelompok masyarakat (pokmas) setempat yang memasak dan mengirimkan makanan kepada mereka setiap hari," tutur Risma. 

Baca juga: Risma Berpeluang Maju di Pilkada DKI Jakarta atau Jatim, PDIP Belum Tentukan Pilihan

Dalam bidang perumahan, Kemensos menyediakan dua bentuk dukungan utama, yaitu rusun dan renovasi atau pembangunan rumah baru. 

Hampir 16.000 rumah telah direnovasi atau dibangun kembali di seluruh Indonesia dalam dua tahun terakhir. 

Untuk mengatasi masalah aksesibilitas di daerah perbatasan dan komunitas terpencil, Kemensos menyediakan transportasi seperti bus sekolah, kapal sekolah, sepeda motor listrik, dan sepeda. 

Upaya ini juga mencakup penyediaan akses air bersih melalui mesin pengolah air (SWRO) yang dijalankan dengan panel surya.

Melalui program Pahlawan Ekonomi Nusantara (PENA), lebih dari 28.000 peserta telah digraduasi dan tidak lagi terdaftar sebagai penerima bantuan sosial.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

asia sustainability impact consortium

Follow our mission at sustainabilityimpactconsortium.asia

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas