Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Asian Agri Beri Penghargaan DBA 2023 kepada Desa Semambu Jambi

Sambut hari Lingkungan Hidup Sedunia, Asian Agri memberikan penghargaan dan apresiasi Desa Bebas Api (DBA) 2023 kepada Desa Semambu di Jambi.

Editor: Content Writer
zoom-in Sambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Asian Agri Beri Penghargaan DBA 2023 kepada Desa Semambu Jambi
Istimewa
Asian Agri melalui salah satu unit bisnisnya PT Rigunas Agri Utama (PT RAU) memberikan penghargaan Desa Bebas Api (DBA) 2023 kepada Desa Semambu, Kecamatan Sumay, Kabupaten Tebo, Jambi. Pemberian penghargaan dilakukan bertepatan dengan acara Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang digelar oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi di Desa Perintis, Kecamatan Rimbo Bujang, Tebo, Kamis (11/7/2024). 

TRIBUNNEWS.COM - Melalui salah satu unit bisnisnya PT Rigunas Agri Utama (PT RAU), Asian Agri memberikan penghargaan Desa Bebas Api (DBA) kepada Desa Semambu yang terletak di Kecamatan Sumay, Kabupaten Tebo, Jambi. 

Penghargaan ini diberikan karena desa tersebut berhasil menjaga wilayahnya dari bahaya kebakaran sepanjang tahun 2023. Pemberian penghargaan dilakukan bertepatan dengan acara Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang digelar oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi di Desa Perintis, Kecamatan Rimbo Bujang, Tebo, Kamis (11/7/2024). 

Pada saat pembukaan acara, Gubernur Jambi Al Haris memberi apresiasi kepada Asian Agri dan perusahaan lain atas usahanya dalam mendukung desa bebas api




"Kami memberikan apresiasi kepada Asian Agri dan juga perusahaan lain atas usahanya dalam mendukung desa agar bebas dari api. Kami harap Desa Semambu selalu dapat menjaga wilayahnya dari Karhutla dan hal ini menginspirasi desa-desa lain untuk mencegah terjadinya bencana api. Dengan kolaborasi yang baik antara pemerintah provinsi Jambi dengan Perusahaan, kita bisa menjaga wilayah kita dari bahaya kebakaran,” ungkap Gubernur Al Haris dalam keterangan persnya.

Untuk diketahui, penghargaan DBA diberikan oleh Manajer SSL Asian Agri Wilayah Jambi Liharman Purba kepada Kepala Desa (Kades) Semambu Heriantoni yang disaksikan oleh Gubernur Jambi Al Haris dan Penjabat (Pj) Bupati Tebo Varial Adhi Putra.

Pada kesempatan tersebut, Kades Semambu Heriantoni mengucapkan terima kasih kepada Asian Agri atas penghargaan DBA yang diberikan. 

“Kami akan gunakan penghargaan ini untuk meningkatkan sarana dan prasarana desa dalam mencegah karhutla. Kami berharap tahun depan dapat tetap mempertahankan predikat desa bebas api,” jelas Heriantoni.

BERITA TERKAIT

Pj Bupati Tebo Varial Adhi Putra mengatakan, "Program DBA merupakan respon dari Karhutla yang berulang. Bagi desa yang berhasil menjaga wilayahnya bebas dari api diberikan penghargaan dan juga insentif. Kami selaku pemerintah kabupaten berharap desa dapat bahu membahu menjaga wilayahnya dari kebakaran hutan dan juga menjaga kelestarian lingkungan.” 

Kemudian Manajer SSL Asian Agri Wilayah Jambi Liharman Purba menjelaskan bahwa program DBA merupakan salah satu langkah Asian Agri untuk merespon dampak Karhutla yang timbul. 

“Kami mengucapkan selamat kepada Desa Semambu atas keberhasilannya dua tahun berturut-turut dalam menjaga wilayahnya dari bencana Karhutla. Kami berharap desa tersebut dapat terus mempertahankan usahanya dalam menjaga desanya dari bahaya api tahun ini dan tahun-tahun mendatang,” ujar Liharman. .

Pada saat yang sama, PT RAU juga melangsungkan penandatanganan kesepakatan bersama DBA periode 2024-2025 dengan lima desa yang berada di wilayah sekitar konsesi perusahaan, yaitu Desa Semambu, Desa Suosuo, Desa Teriti, Desa Tuo Sumay, dan Desa Muara Sekalo. Penandatanganan tersebut disaksikan oleh Pj Bupati Tebo Varial Adhi Putra.

“Penandatanganan ini merupakan kesepakatan bersama yang dilakukan antara Asian Agri dengan pemangku kepentingan, baik dari perangkat desa, pemerintah daerah dan instansi terkait lainnya agar dapat menjaga wilayah bebas dari api,” ucap Hafiz Hazalin Sinaga, selaku Fire Free Village Manager Asian Agri

Hafiz menjelaskan bahwa program DBA memiliki tujuan untuk memberdayakan dan mendorong desa-desa untuk menerapkan kebijakan ‘tanpa bakar’ Asian Agri dalam mengelola lahan, serta menjaga desa mereka terbebas dari api. 

Hafiz juga menambahkan bahwa perusahaan juga memberikan apresiasi berupa insentif ekonomi yang dapat digunakan masyarakat desa untuk berbagai hal. 

“Insentif ini diberikan kepada desa yang berhasil menjaga desanya dari Karhutla,” kata Hafiz.

Sebagai informasi, program DBA lahir sebagai wujud komitmen Asian Agri terhadap penerapan kebijakan “tanpa bakar” yang telah diterapkan di seluruh daerah operasional perusahaan sejak 1994. 

Program DBA ini berjalan sejak tahun 2016 yang bertujuan untuk berkolaborasi dengan masyarakat setempat dalam meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan terhadap bahaya api, serta menyediakan cara alternatif yang lebih murah untuk membuka lahan tanpa menggunakan api. 

Pada program DBA ini, Asian Agri memfasilitasi dan membina desa-desa sekitar untuk memahami dampak negatif Karhutla, serta mengajak masyarakat desa untuk turut berperan aktif mencegah terjadinya kebakaran di lingkungan desa mereka. 

Program ini juga memiliki tujuan menumbuhkan kepedulian masyarakat desa terhadap bahaya api dan dapat menjadi garda terdepan dalam pencegahan adanya kebakaran di desanya. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas