Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jokowi Lantik 906 Perwira Remaja TNI dan Polri di Istana, Singgung Geopolitik dan Digitalisasi

Pelantikan dilakukan pada upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI-Polri Tahun 2024, di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (16/7/2024).

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Jokowi Lantik 906 Perwira Remaja TNI dan Polri di Istana, Singgung Geopolitik dan Digitalisasi
Tribunnews.com/Taufik Ismail
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik dan mengambil sumpah 906 orang calon perwira remaja (capaja) Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) pada upacara Prasetya Perwira (Praspa) Tahun 2024, di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (16/7/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik dan mengambil sumpah 906 orang calon perwira remaja (capaja) Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

Pelantikan dilakukan pada upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI-Polri Tahun 2024, di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (16/7/2024).




906 perwira yang dilantik oleh Presiden, terdiri atas 417 Capaja Akademi Militer (Akmil), 129 Capaja Akademi TNI AL (AAL). Berikutnya 113 Capaja Akademi TNI AU (AAU), dan 247 Capaja Akademi Kepolisian (Akpol).

Upacara Praspa tersebut dipimpin oleh Komandan upacara Kolonel penerbang Yoyon Kuscahyono. Ia merupakan Komandan Wing Taruna Akademi Angkatan Udara.

Upacara Praspa tersebut turut dihadiri oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Ketua DPR Puan Maharani, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Panglima TNI Hadi Tjhajanto, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Menkoplhukam Hadi Tjhajanto, dan Mendagri Tito Karnavian.

Dalam sambutannya Presiden mengucapkan selamat kepada para Perwira yang mengikuti pelantikan.

BERITA TERKAIT

"Pertama tama atas nama pribadi rakyat bangsa dan negara saya menyampaikan selamat atas pelantikan saudara-saudara sebagai periwra TNI dan Polri pagi ini," kata Jokowi.

Presiden mengaku bangga terhadap para calon perwira yang telah lulus pendidikan dan lolos dari proses pembelajaran yang sangat berat. Baik itu pembelajaran fisik,  mental, akademik dan keterampilan.

"Saya bangga saudara saudara telah banyak menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi," katanya.

Presiden menegaskan saat ini Iptek berkembang sangat pesat sekali. Distrupsi terus berlangsung dan banyak hal-hal  baru bermunculan yang tidak terbayangkan sebelumnya.

"Saat ini banyak distrupsi berlangsung. revolusi 4.0 dan 5.0, digitalisasi, otomasi dan kecerdasan buatan. Ketegangan geopolitik dan perang dagang, perubahan iklim dan transisi energi semuanya berlangsung dengan sangat cepat," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas