Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bakal Jadi Sejarah Paling Monumental, HUT Ke-79 RI Dilakukan di Istana Garuda IKN & Istana Merdeka

Namun pemerintah optimistis dapat melakukan perayaan Agustusan tetap dilaksanakan di Kalimantan Timur.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Bakal Jadi Sejarah Paling Monumental, HUT Ke-79 RI Dilakukan di Istana Garuda IKN & Istana Merdeka
HO
Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Usman Kansong menyatakan, pemerintah pusat akan menggelar dua upacara proklamasi Kemerdekaan RI secara nasional. Presiden Joko Widodo akan bertindak sebagai inspektur upacara di Istana Garuda IKN. Dan di Istana Merdeka Jakarta akan dipimpin oleh Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Upacara Bendera Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik
Indonesia (HUT ke-79 RI) yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2024 akan menjadi peristiwa bersejarah.

Pengibaran sang saka merah putih oleh pemuda-pemudi terbaik bangsa dari 38 provinsi akan dilakukan di Istana Garuda Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dan Istana Merdeka Jakarta.

Para tokoh nasional, mantan-mantan presiden dan wakil presiden, serta pejuang kemerdekaan juga akan ikut dalam perayaan kemerdekaan.

Ada kesan upacara kemerdekaan di IKN terlalu dipaksakan, berpacu dengan waktu kurang dari satu bulan lagi.

Baca juga: 14 Rumah Menteri di IKN Dinyatakan Siap Pakai untuk HUT RI ke-79, Ada yang Sudah Terisi Furnitur

Namun pemerintah optimistis dapat melakukan perayaan Agustusan tetap dilaksanakan di Kalimantan Timur.

Ketua Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Imam Santoso Ernawi menuturkan pembangunan Kawasan Istana Presiden sudah akan selesai pada Juli 2024.

"Fungsional target Agustusan itu mulai dari Istana dan lapangan upacara kemudian kantor Presiden, sekarang sudah hampir rampung semua pilar-pilar Garuda Juli ini kita selesaikan," ungkap Imam soal Kesiapan Infrastruktur PUPR Menjelang Pelaksanaan Upacara Bendera HUT ke-79 Kemerdekaan RI di IKN.

BERITA TERKAIT

Menurutnya, komponen mekanikal dan elektrikal untuk fungsional bangunan berjalan paralel.

Imam menerangkan untuk mendukung pelaksanaan 17 Agustus, pihaknya sedang mengejar pembangunan Sekretariat Presiden dan bangunan pendukung.

Termasuk Kawasan Inti Kantor Pemerintahan (KIPP) yang akan menjadi lokasi inti penyelenggaraan upacara, dengan lapangan di Kawasan Istana Negara sebagai pusat kegiatan.

Hingga 4 Juli 2024, realisasi pembangunan kawasan ini telah mencapai 82,73 persen dan secara fungsional sudah dapat digunakan.

"Saat 17-an ini, bukan berarti bangunan ini semua selesai tetapi fungsional untuk bisa digunakan. Tetapi untuk kegiatan 17-an kita akan fungsikan ruang-ruang mana yang fungsional untuk kegiatan di situ," jelas Imam.

Baca juga: Erick Thohir Yakin Pembangunan Lapangan Upacara di IKN Rampung Sebelum HUT RI-79, Begini Progresnya

Selain itu, Imam juga menyoroti penataan tiga plaza utama di depan istana: Plaza Seremoni/Sumbu Kebangsaan, Plaza Bendera/Beranda Nusantara, dan Plaza Bhinneka.

"Plaza seremoni sudah selesai 100 persen dan saat ini sedang dilakukan penyempurnaan nanti akan banyak masyarakat yang akan ikut meramaikan di sini. Paling depan dari istana ada bangunan melengkung yang adalah visitor center yang jadi pusat informasi lalu ada lokasi yang diperuntukkan bagi booth UMKM," paparnya.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas