Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Koleksi Kebaya Legendaris Tien Soeharto Akan Ditampilkan pada Hari Kebaya Nasional 

Sebanyak delapan kebaya legendaris koleksi istri Presiden Indonesia kedua yakni Hj Raden Ayu Siti Hartinah atau Ibu Tien Soeharto akan ditampilka

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Koleksi Kebaya Legendaris Tien Soeharto Akan Ditampilkan pada Hari Kebaya Nasional 
Istimewa
Ketua Umum Kowani, Giwo Rubianto Wiyogo, saat bertemu dengan anak Tien Soeharto yakni Titiek Soeharto pada hari ini, Minggu (21/7/2024). 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak delapan kebaya legendaris koleksi istri Presiden Indonesia kedua yakni Hj Raden Ayu Siti Hartinah atau Ibu Tien Soeharto akan ditampilkan pada peringatan Hari Kebaya Nasional (HKN) 2024 yang akan diselenggarakan di Istora Senayan, Jakarta, 24 Juli 2024.

Jajaran pengurus Kowani melakukan audiensi dengan salah seorang anak Tien Soeharto yakni Titiek Soeharto pada hari ini, Minggu (21/7/2024).




“Pada hari ini, Kowani Beliau sangat mengapresiasi pelaksanaan Hari Kebaya Nasional yang akan diselenggarakan untuk pertama kalinya ini,” ujar Ketua Umum Kowani, Giwo Rubianto Wiyogo, melalui keterangan tertulis, Minggu (21/7/2024).

Dia menambahkan Titiek Soeharto menyatakan kekagumannya akan penyelenggaraan HKN, yang diselenggarakan sepenuhnya oleh para perempuan Indonesia. 

Dalam kesempatan itu, Titiek Soeharto juga menyatakan akan menampilkan koleksi kebaya terbaik milik Ibu Tien Soeharto pada pelaksanaan HKN 2024. 

Semasa hidupnya, Tien Soeharto yang juga salah satu pahlawan nasional itu, dikenal sebagai perempuan Indonesia yang mencintai kebaya serta konsisten menggunakan kebaya dalam berbagai kegiatan.

BERITA TERKAIT

Bahkan semasa menyandang status sebagai Ibu Negara, Tien Soeharto, juga tetap konsisten menggunakan kebaya baik pada acara resmi kenegaraan dan acara lainnya.

“Ibu Tien Soeharto merupakan salah seorang pahlawan nasional perempuan, dari total 16 perempuan yang ditetapkan sebagai pahlawan nasional di Indonesia,” katanya. 

Delapan kebaya yang akan ditampilkan tersebut, merupakan kebaya model kutu baru yang dipasangkan dengan kain wiron. 

Koleksi kebaya dan kain tersebut nantinya akan dipasang di manekin, sehingga pengunjung dapat berfoto bersama dengan kebaya koleksi Ibu Tien Soeharto.

Kain wiron merupakan kain batik yang salah satu ujungnya dilipat-lipat seperti kipas.Pelaksanaan HKN 2024 berdasarkan Kepres 19 Tahun 2023 tentang Hari Kebaya Nasional. 

Peringatan HKN juga upaya sinergitas perempuan Indonesia dan juga di Asia Tenggara dalam mengajukan kebaya sebagai warisan budaya tak benda melalui joint nomination ke UNESCO.

Baca juga: Sejarah Berdirinya Masjid At-Tin, Inilah Alasan Penamaannya yang Identik dengan Tien Soeharto

Penyelenggaraan HKN sendiri bertujuan memperkenalkan dan menggaungkan kembali kebaya sebagai bagian dan sejarah perjuangan para perempuan Indonesia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas