Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Daftar Korporasi yang Diganjar 'Penghargaan Perusahaan Layak Anak' dari Kementerian PPPA

Menteri Bintang Puspayoga mengajak seluruh pihak termasuk perusahaan berinvestasi pada anak-anak yang menjadi sepertiga populasi Indonesia saat ini.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Daftar Korporasi yang Diganjar 'Penghargaan Perusahaan Layak Anak' dari Kementerian PPPA
handout
Menteri Bintang Puspayoga mengajak seluruh pihak termasuk perusahaan memberikan perlindungan dan hak-hak anak. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga mengapresiasi Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia (APSAI) yang secara konsisten bekerja sama dengan pemerintah dalam memenuhi hak-hak anak dan melindungi anak-anak melalui berbagai program yang dijalankan.

“Berulangkali saya menyampaikan sumber daya paling berharga pada suatu bangsa bukanlah dalam bentuk tambang, tetapi adalah sumber daya manusia," kata Bintang usai penyelenggarakan Anugerah Perusahaan Layak Anak (PLA) 2024 di Jakarta, Senin (29/7/2024).




Ini pula yang jadi alasan Bintang mengajak seluruh pihak termasuk perusahaan berinvestasi pada anak-anak yang menjadi sepertiga populasi Indonesia saat ini.

"Karena merekalah nantinya akan memegang tongkat estafet kepemimpinan masa depan sementara pemerintah tidak bisa sendiri dalam hal pemenuhan hak-hak dan perlindungan anak dan harus dilakukan bergandengan dengan semua pihak termasuk masyarakat dan swasta," katanya.

Terkiat penyelenggaraan PLA 2024 ini, Bintang mengapresiasi upaya APSAI selaku mitra pemerintah dalam menginisiasi penghargaan ini.

"Perusahaan yang menerima Penghargaan Perusahaan Layak Anak menunjukkan komitmen luar biasa terhadap masa depan anak-anak semoga penghargaan ini dapat menjadi motivasi bagi perusahaan lain untuk terus memperhatikan dan mengutamakan hak-hak anak dalam setiap aspek bisnis mereka," tutur Bintang.

BERITA TERKAIT

Ketua Umum APSAI, Wida Septarina Wijayanti, menyatakan, tahun ini ada 8 perusahaan yang menerima Penghargaan PLA, mereka adalah:

  • PT Astra International Tbk
  • PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN)
  • PT United Tractors Tbk
  • PT Sarihusada Generasi Mahardhika
  • PT Unilever Indonesia
  • PT Pacific Place Jakarta
  • PT Surya Prima Cipta (RSU Prima Medika) dan
  • CV Fajar Farma (klinik kesehatan).

"Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas komitmen yang teguh yang ditunjukkan oleh perusahaan dan sektor swasta terhadap pemenuhan hak-hak anak di Indonesia dan kami berharap penghargaan ini dapat menginspirasi lebih banyak perusahaan untuk menjadi Sahabat Anak Indonesia," katanya.

Lewat Anugerah Perusahaan Layak Anak 2024, APSAI berharap dapat terus memotivasi lebih banyak perusahaan untuk mengadopsi dan menerapkan praktik-praktik yang mendukung hak-hak anak.

Baca juga: Lestari Moerdijat: Negara Harus Mampu Menjamin Terpenuhinya Hak-Hak Anak

"Komitmen dan kontribusi dari berbagai sektor bisnis ini diharapkan mampu menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi tumbuh kembang anak-anak Indonesia,' katanya.

Anugerah Perusahaan Layak Anak 2024 merupakan bagian dari upaya APSAI dalam mendorong keterlibatan perusahaan dan pelaku usaha untuk mengedepankan hak-hak anak dalam praktik bisnis mereka.

Penghargaan Perusahaan Layak Anak (PLA) akan diberikan kepada perusahaan yang telah secara efektif menerapkan Program PLA dan berhasil melewati evaluasi ketat yang dilakukan oleh Dewan Penilai.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas