Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Media Asing Beritakan Jokowi Berkantor di Ibu Kota Baru, Soroti Pembangunan IKN yang Lambat

Media asing menyoroti soal pembangunan IKN yang lambat, sebut Prabowo akan berada dalam posisi sulit setelah dilantik.

Penulis: Pravitri Retno Widyastuti
Editor: Whiesa Daniswara
zoom-in Media Asing Beritakan Jokowi Berkantor di Ibu Kota Baru, Soroti Pembangunan IKN yang Lambat
Foto: Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno meninjau sejumlah ruangan yang ada di kawasan Istana Kepresidenan Ibu Kota Nusantara (IKN), termasuk Kantor Presiden, Senin (29/7/2024). 

TRIBUNNEWS.com - Sejumlah media asing memberitakan soal Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) sejak Senin (29/7/2024).

Beberapa di antaranya bahkan menyoroti pembangunan IKN yang lambat, tak sesuai target.

Media Turki, Anadolu Ajansi, memberitakan soal Jokowi berkantor di IKN dengan judul, Indonesian President Jokowi begins work from new capital Nusantara (Presiden Indonesia Jokowi mulai bekerja di ibu kota baru Nusantara).

Artikel Anadolu Ajansi mengutip pernyataan Deputi Bidang Protokol dan Hubungan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana.

"Pagi ini, Bapak Presiden mulai menerima tamu dan melakukan pertemuan di Kantor Presiden di Nusantara, sebagaimana yang dilakukan di Istana Merdeka, Jakarta," kata Yusuf, Senin.

Media Turki itu melanjutkan, agenda pertama Jokowi saat berkantor di IKN adalah bertemu para eksekutif otoritas Nusantara.

"Lebih dari 80 persen pekerjaan infrastruktur untuk tahap pertama proyek ibu kota senilai 32 miliar dolar AS telah selesai."

BERITA TERKAIT

"Jokowi berencana memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus di Nusantara, bersamaan dengan peresmian ibu kota baru," bunyi artikel Anadolu Ajansi.

The Guardian, Associated Press, dan Reuters Soroti Pembangunan IKN

Sementara itu, media asal Inggris, The Guardian dan Reuters, serta media Amerika Serikat (AS), Associated Press (AP), masing-masing menyoroti pembangunan ibu kota baru Indonesia.

Seperti judul The Guardian, Indonesian president begins working from new capital despite construction delays (Presiden Indonesia mulai bekerja di ibu kota baru, meski pembangunannya tertunda).

The Guardian menyoroti soal keluhan Jokowi yang tidak bisa tidur nyenyak di IKN.

Baca juga: Indonesia-Inggris Komitmen Perkuat Ketahanan Perkotaan di IKN dan Jakarta

"Saya tidak bisa tidur nyenyak, mungkin karena ini pertama kalinya. Mereka (petugas) masih membersihkan dan melengkapi (fasilitas). Semuanya berjalan dengan baik," kata Jokowi, dikutip The Guardian.

Lebih lanjut, The Guardian menuliskan adanya kemungkinan pemindahan ibu kota baru Indonesia tertunda lantaran proses pembangunan IKN termasuk lambat.

"Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus nanti, dijadwalkan disenggarakan di Nusantara. Namun, rencana pemindahannya dipertanyakan di tengah lambatnya kemajuan konstruksi dan tenggat waktu yang terlewat."

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas