Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

KPK Cecar Mbak Ita dan Suami Terkait Pengadaan Barang Jasa di Pemkot Semarang

KPK mencecar Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu alias Mbak Ita dan suaminya terkait pengadaan barang di lingkungan Pemkot Semarang.

Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Adi Suhendi
zoom-in KPK Cecar Mbak Ita dan Suami Terkait Pengadaan Barang Jasa di Pemkot Semarang
Tribunnews.com/Ilham Rian Pratama
Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu alias Mbak Ita usai diperiksa terkait kasus dugaan korupsi di lingkungan Pemkot Semarang, Gedung KPK, Jakarta, Kamis (1/8/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ilham Rian Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencecar Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu alias Mbak Ita dan suaminya, Ketua Komisi D DPRD Provinsi Jawa Tengah Alwin Basri terkait pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang

KPK mengatakan pihaknya melakukan pemeriksaan terhadap Mbak Ita dan suaminya Alwin Basri di Gedung Merah Putih, Kamis (1/8/2024).

"Yang bersangkutan atau dua-duanya dimintai keterangan dalam rangka menjelaskan beberapa proses pengadaan yang dilakukan di Kota Semarang,” ucap Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika Sugiarto di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis (1/8/2024).

“Kaitan dengan saudara AB lebih khusus lagi yang terkait dengan pihak swasta,” kata Tessa.

Jubir berlatar belakang pensiunan Polri itu mengatakan Mbak Ita diperiksa dalam kapasitas sebagai saksi, sementara Alwin sebagai terperiksa.

Tessa tidak menjawab gamblang perihal konfirmasi status tersangka keduanya.

Baca juga: Wali Kota Semarang Mbak Ita dan Suaminya Alwin Basri Penuhi Panggilan KPK, Siap Diperiksa Hari Ini

BERITA TERKAIT

“Yang jelas yang bersangkutan (AB) hadir sebagai terperiksa. HGR yang bersangkutan sebagai saksi,” kata Tessa.

Dikatakan Tessa, pemeriksaan terhadap Ita dan Alwin masih awal, belum ada konfrontasi.

Katanya, kedua saksi tersebut kemungkinan akan diperiksa lagi.

“Kemungkinan besar masih ada (pemeriksaan) karena sebagaimana yang saya sampaikan ada alat bukti yang sudah disita yang belum semua ditanyakan kepada yang bersangkutan. Jadi, masih ada beberapa kali pemeriksaan lagi kepada kedua orang tersebut. Kita tunggu saja nanti,” tutur Tessa.

Baca juga: Breaking News: Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Penuhi Panggilan Penyidik KPK

Sementara itu, setelah menjalani pemeriksaan selama sekitar 2,5 jam, Mbak Ita enggan membicarakan materi pemeriksaannya.

Kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu menyerahkan sepenuhnya kepada penyidik KPK dan mohon didoakan dalam menjalani proses hukum.

"Saya hari ini memenuhi panggilan yang harusnya hari Selasa (30/7/2024) karena ada kegiatan paripurna yang harus dihadiri kepala daerah. Jadi, hari ini saya memenuhi panggilan dan Alhamdulillah sudah sesuai prosedur dan mohon doanya saja," kata Ita.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas