Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pengamat Yakini Program Makan Bergizi Gratis Beri Manfaat bagi UMKM dan Masyarakat

program makan bergizi gratis yang dicanangkan presiden terpilih Prabowo Subianto, bakal bermanfaat bagi UMKM.

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Pengamat Yakini Program Makan Bergizi Gratis Beri Manfaat bagi UMKM dan Masyarakat
Istimewa
ILUSTRASI simulasi pengimplementasian Program Makan Siang Gratis Dengan Gizi Seimbang bagi Siswa Sekolah di Madrasah Ibtidaiyah ( MI ) Bait Al Rahman yang berlokasi di Jl Durentiga Selatan VII, Jakarta Selatan belum lama ini (dok PPJI)  

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Praktisi dan pengamat pertanian Wayan Supadno, meyakini program makan bergizi gratis yang dicanangkan presiden terpilih Prabowo Subianto, bakal bermanfaat bagi meningkatkan kesejahteraan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) meningkat. 

Selain itu, kesejahteraan keluarga dan kesehatan anak di sekolah, lapangan kerja baru terutama untuk wanita meningkat.

“Sungguh saya sangat merespon dengan gembira. Program presiden terpilih Prabowo Subianto akan ada makan siang bergizi gratis dengan susu tidak impor, optimis akan memberikan banyak manfaat,” kata Wayan, kepada wartawan Jumat (2/8/2024).

Hal itu disampaikannya sekaligus menanggapi Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) yang memiliki studi atas program makan bergizi gratis presiden terpilih Prabowo Subianto

Dalam studinya, PBB telah mengkaji dampak-dampak ketika program makan bergizi gratis itu dijalankan.

Ada beberapa keunggulan yang didapatkan bila program makan bergizi gratis ini berjalan yakni angka partisipasi anak di sekolah meningkat, kesejahteraan petani, nelayan, peternak dan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) meningkat.

BERITA TERKAIT

Menurut Watan, selain jelas memberikan gizi yang dibutuhkan anak-anak, juga berdampak kepada terciptanya lapangan pekerjaan baru khususnya yang bergerak di sektor pangan.

“Tercipta lapangan kerja baru sektor pangan seperti petani, peternak dan peternakan sapi perah, yang selama ini di atas 82 persen dari total kebutuhan susu kita impor, sekalipun pakannya bungkil sawit impor dari Indonesia,” ujarnya.

Wayan menyampaikan program makan siang gratis yang tersebar di seluruh Indonesia turut menggerakkan perekonomian masyarakat desa.

Dia berpendapat program makan bergizi gratis ini dipastikan berpengaruh bagi para pelaku usaha kecil, apabila pemerintah memberikan mandat kepada mereka untuk menyiapkan bahan pokok makan bergizi itu. 

Artinya, kata Wayan, akan terbuka lapangan kerja baru serta pendapatan masyarakat meningkat. 

“Akan tercipta lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan per kapita pedesaan karena syarat mutlak negara maju pendapatan per kapita Rp 16,5 juta per bulan, UMKM juga makin bergairah,” katanya.

Wayan pun berharap program makan bergizi gratis Prabowo ini terus berlanjut dan melahirkan generasi unggul serta terciptanya lapangan kerja baru dengan jumlah yang besar. 

Halaman
12

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

asia sustainability impact consortium

Follow our mission at sustainabilityimpactconsortium.asia

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas