Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Gibran Ungkap Sudah Bicara dengan Sri Mulyani soal Makan Bergizi Gratis: Semua Anggaran Siap

Sri Mulyani menyatakan anggaran untuk program tersebut telah tersedia. Karena itu, ia pun merasa tertantang untuk dapat mengeksekusi program tersebut.

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Gibran Ungkap Sudah Bicara dengan Sri Mulyani soal Makan Bergizi Gratis: Semua Anggaran Siap
Tribunnews.com/Igman Ibrahim
Wakil presiden terpilih RI, Gibran Rakabuming Raka mendatangi SDN 4 Tangerang pada Senin (5/8/2024) siang. Kedatangannya untuk melakukan uji coba makan bergizi gratis yang merupakan program Prabowo-Gibran. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil presiden terpilih RI, Gibran Rakabuming Raka mengungkap pihaknya sudah berbicara dengan Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani untuk membahas program makan bergizi gratis untuk anak-anak sekolah.

Hasilnya, kata Gibran, Sri Mulyani menyatakan anggaran untuk program tersebut telah tersedia. Karena itu, ia pun merasa tertantang untuk dapat mengeksekusi program tersebut.

Baca juga: Anggaran Makan Siang Gratis Rp 7.500, Cukupkah Penuhi Kebutuhan Gizi Anak? Begini Tanggapan IDAI




"Kota kemarin bicara juga dengan Bu Menteri Keuangan intinya semua anggaran siap. Ini challengenya adalah bagaimana mengeksekusi program ini dengan baik," kata Gibran saat ditemui seusai meninjau makan bergizi gratis di SDN 4 Tangerang, Banten, Senin (5/8/2024).

Putra sulung Presiden Jokowi itu menyatakan pihaknya juga sudah melakukan uji coba atau pilot project untuk menjalankan program makan bergizi gratis. Di antaranya, dia sudah melakukan di Bogor, Solo, Surabaya hingga Tangerang.

"InsyaAllah siap," ungkapnya.

Baca juga: PKS Nilai Uji Coba Makan Siang Gratis di Solo Tidak Integral dan Tak Sistematis

Di sisi lain, Gibran juga menyatakan program ini juga diyakini nantinya akan menimbulkan dampak ekonomi bagi setiap daerah. Sebab, pemerintah akan melibatkan UMKM untuk turut menyediakan makan bergizi gratis.

BERITA TERKAIT

"Kalau di tiga tempat terakhir kan ada UMKM yang kita libatkan tiap UMKM mendapat orderan 100 pack. Jadi UMKM sekitar sekolah juga bisa menikmati program ini, jadi multiplayer effectnya luar biasa," pungkasnya.


Gibran Uji Coba Makan Bergizi Gratis di Tangerang

Wakil presiden terpilih RI, Gibran Rakabuming Raka melakukan uji coba program makan bergizi gratis di SDN 4 Tangerang, Banten, Senin (5/8/2024) hari ini. Putra sulung Presiden Jokowi iti mengungkap anggaran seporsi makan bergizi gratis itu sebesar Rp15.000.

Gibran menyampaikan anggaran program makan bergizi gratis setiap daerah memang berbeda-beda. Nantinya, dana itu disesuaikan dengan kebutuhan gizi dan nutrisi.

"Sama, sama. 15 (Rp15 ribu) pas ya pak. Jadi temen-teman media memang di tiap daerah kemungkinan harganya lain. Tapi kita pastikan kebutuhan gizi, nutrisi di tiap hari itu tercapai," kata Gibran seusai melakukan peninjauan di SDN 4 Tangerang.

Lebih lanjut, Gibran mengklaim makan bergizi gratis di SDN 4 Tangerang sudah sesuai dengan masukan ahli gizi. Sebab kekinian, susu dan makan siang diberikan terpisah.

"Jadi alhamdulillah hari ini di Tangerang sesuai, sesuai masukan dari ahli gizi, susu sama makan siangnya diberikan jeda," ungkapnya.

Baca juga: Anggaran Program Makan Siang Gratis Turun, Harga Makanan Tiap Anak Diperkirakan Rp 7.500

Tak hanya itu, kata Gibran, program makan bergizi gratis juga sudah mendengar usulan dari para pemerhati lingkungan. Kali ini, kemasan yang disajikan berupa kotak bekal sehingga bisa dipakai kembali.

"Kemarin juga banyak sekali masukan dr para pemerhati lingkungan terkait packaging. Nah ini packagingnya mereka pakai, bawa kayak bekel gitu ya. Jadi nanti bisa dicuci, besok dibawa lagi. Jadi tidak ada plastik," pungkasnya.

Dilihat Tribunnews, makan bergizi gratis yang dibagikan kepada siswa berisikan sejumlah lauk pauk. Menu tersebut disajikan di dalam satu kotak plastik berwarna.

Adapun menu utama makan bergizi gratis adalah nasi, telur dadar hingga sayur capcai. Tak hanya itu, ada pula tiga iris buah melon, susu dan sambal.

Dalam peninjauannya, Gibran terlihat memasuki satu per satu kelas yang muridnya sedang makan bergizi gratis. Dia juga sempat berdialog dengan para siswa yang hadir sedang menyantap di dalam kelas.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas