Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Di Hadapan Nakes TNI yang Akan Ikut Misi Kemanusiaan Gaza, Prabowo: RI Harus Tunjukkan Solidaritas

Prabowo memberikan pembekalan kepada 40 personel tenaga kesehatan (nakes) TNI yang akan berangkat untuk misi kemanusiaan Gaza.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Di Hadapan Nakes TNI yang Akan Ikut Misi Kemanusiaan Gaza, Prabowo: RI Harus Tunjukkan Solidaritas
Tribunnews.com/Gita Irawan
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto saat memberi pembekalan kepada 40 orang tenaga kesehatan TNI yang siap ditugaskan ke rumah sakit terapung di El Arish Mesir dan rumah sakit lapangan di Rafah dalam misi kemanusiaan. Pembekalan disampaikan di kantor Kementerian Pertahanan Jakarta Pusat pada Rabu (7/8/2024). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto memberikan pembekalan kepada 40 personel tenaga kesehatan (nakes) TNI yang akan berangkat untuk misi kemanusiaan Gaza.

Rencananya 25 dari 40 personel nakes TNI yang terdiri dari dokter, perawat, bidan dan tenaga medis lainnya akan ditugaskan di Floating Hospital Persatuan Emirat Arab untuk misi kemanusiaan Gaza dan akan diberangkatkan pada hari Jumat, 9 Agustus mendatang. Sisanya akan diberangkatkan menyusul perkembangan terkait keamanan.

Pelaksanaan penugasan nakes TNI ini akan berlangsung selama empat bulan di wilayah El Arish, Mesir dengan menyesuaikan perkembangan situasi.

“Yang terjadi di Gaza, Timur Tengah adalah sesuatu yang sangat menusuk rasa kemanusian kita. Bangsa Indonesia harus menunjukkan suatu sikap solidaritas, sikap kemanusiaan dalam rangka membela semangat kemerdekaan, hak bangsa untuk hidup dan menentukan nasibnya sendiri tanpa penindasan,” kata Prabowo saat memberi pengarahan di Ruang Bhinneka Tunggal Ika (BTI), Kemhan, Jakarta, Rabu (7/8).

“Karena itulah saya ucapkan terima kasih atas kesediaan saudara-saudara. Selamat berjuang semuanya,” lanjutnya.

Rencananya, mereka akan diberangkatkan pada Jumat (9/8/2024) mendatang. 

Sisanya, akan diberangkatkan menyusul perkembangan terkait keamanan.

BERITA REKOMENDASI

Mereka akan bertugas selama empat bulan di wilayah El Arish, Mesir dengan menyesuaikan perkembangan situasi.

Prabowo juga sempat menyalami ke-40 tenaga kesehatan TNI itu satu per satu sebelum menyampaikan arahannya.

Dirjen Strahan Kemhan Mayjen TNI Ujang Darwis dalam laporannya kepada Prabowo menyampaikan telah meninjau langsung rumah sakit tersebut pada 23 sampai 26 Juli lalu.

Ia mengatakan berdasarkan hasil peninjauan fasilitas kesehatan di kedua rumah sakit tersebut sangat lengkap.

Selain itu, rumah sakit tersebut juga memiliki fasilitas untuk menjaga kebugaran para tenaga kesehatan.

"Kemudian hasil koordinasi dengan pihak Uni Emirat Arab bahwa tenaga kesehatan kita yang disiapkan adalah 40 orang terdiri dari dokter spesialis dan tenaga perawat kesehatan gabungan dari TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Udara," kata dia di kantor Kementerian Pertahanan RI Jakarta Pusat pada Rabu (7/8/2024).

Tenaga kesehatan tersebut, kata dia, juga telah mendapatkan pembekalan berupa latihan pra tugas di Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas