Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jadi Narasumber Pansus PKB, Gus Choi Sebut PKB Bisa Besar karena PBNU dan Gus Dur

Gus Choi mengatakan, pada undangan tersebut dirinya dimintai keterangan soal kelahiran PKB sampai dirinya menjadi kader terakhir pada tahun 2013 silam

Penulis: Rahmat Fajar Nugraha
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Jadi Narasumber Pansus PKB, Gus Choi Sebut PKB Bisa Besar karena PBNU dan Gus Dur
Tribunnews.com/Rahmat Fajar Nugraha
Mantan politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Effendy Choirie atau Gus Choi, datangi kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Jakarta Pusat, Rabu (7/8/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Rahmat W Nugraha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mantan politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Effendy Choirie atau Gus Choi, datangi kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Jakarta Pusat, Rabu (7/8/2024).

Kedatangannya itu untuk penuhi undangan Tim bentukan PBNU atau Panitia Khusus (Pansus) PKB.

Gus Choi mengatakan, pada undangan tersebut dirinya dimintai keterangan soal kelahiran PKB sampai dirinya menjadi kader terakhir pada tahun 2013 silam.

“Apa pertanyaan atau konfirmasi atau informasi yg diinginkan tim PBNU tadi? Pertama, terkait dengan sejarah, kedua terkait dengan dinamika ketika saya masih berada di PBNU," kata Gus Choi kepada awak media terkait keterangan yang disampaikan kepada Pansus PKB.

Kemudian ia menerangkan, PKB tidak ada tanpa NU. Serta PKB tidak akan ada tanpa Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

“Saudara-saudara saya katakan PKB tidak ada tanpa NU, PKB tidak ada tanpa Gus Dur, jadi kesimpulannya PKB tidak akan pernah ada tanpa Gus Dur dan NU atau PBNU, konkretnya begitu,” kata Gus Choi.

BERITA TERKAIT

Lanjut Gus Choi, ia lalu mempertanyakan apakah ada partai dari kalangan NU tidak didukung oleh PBNU bisa menjadi besar. Faktanya kata Gus Choi hal itu tak ada.

“Kalau ada partai dari NU, dari kalangan NU yang tidak didukung oleh PBNU, apakah bisa ada? Apakah bisa besar? Saya yakin tidak, karena faktanya ada partai di luar PKB yang berdiri dari lingkungan NU itu menjadi partai gurem,” jelasnya.

Baca juga: Istana Bantah Jokowi Cawe-cawe Kepengurusan PDIP: Presiden Tak Pernah Bentuk Tim Khusus

Atas hal itu ia menegaskan PKB bisa besar karena peran dari PBNU dan Gus Dur.

“Apa kita bisa menyatakan tanpa NU tanpa Gus Dur. PKB ada? Pertama, ketika Gus Dur jadi ketua umum PBNU, memberikan atas desakan warga, politikus dan aktivis NU. NU harus memiliki partai sendiri, NU-nya tetap sebagai organisasi keagamaan kemasyarakatan," kata Gus Choi.

"Jadi yang kita kenal kita sebut sebagai khittah NU, jadi itu artinya NU tidak menjadi partai politik.Tetapi, NU boleh mendirikan partai politik,” lanjutnya.

Atas dasar perkembangan masyarakat setelah Soeharto turun demokrasi terbuka, kata Gus Choi, kemudian NU menyambut aspirasi masyarakat, dengan mengeluarkan namanya surat tugas kepada sejumlah pengurus NU.

“Untuk mendesain, membuat rumusan-rumusan, pokok-pokok pikiran, untuk membuat apa namanya partai ini ke depan yang dibedakan oleh NU,” kata Gus Choi.

Baca juga: Konflik Memanas, Gus Choi: Kata Gus Dur PKB Dicuri Cak Imin, Insya Allah 100 Persen Benar

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas