Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Megawati Turut Siapkan Paskibraka yang Akan Bertugas Saat Upacara HUT Ke-79 RI di IKN

Megawati Soekarnoputri disebut menyiapkan langsung Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) untuk upacara HUT ke-79 Republik Indonesia di IKN.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Megawati Turut Siapkan Paskibraka yang Akan Bertugas Saat Upacara HUT Ke-79 RI di IKN
Foto Tangkapan Layar
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menjadi pembicara pada hari kedua Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Perindo 2024 di iNews Tower, Jakarta, Selasa (30/7/2024). Megawati Soekarnoputri disebut menyiapkan langsung Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) untuk upacara HUT ke-79 Republik Indonesia di IKN./Sumber: Youtube INews 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang juga Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri disebut menyiapkan langsung Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) untuk upacara peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara atau IKN.

Bahkan, Megawati telah menyiapkan Paskibraka untuk upacara 17 Agustus 2024 di IKN sejak bulan Maret 2024, lalu.

Baca juga: BNPT Terjun Langsung Amankan Perayaan HUT Ke-79 RI di IKN, Ada Posko Operasi

Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto saat ditanya soal Megawati menyiapkan Paskibrakan untuk upacara di IKN.

"Iya betul (menyiapkan Paskibraka) itu karena untuk beberapa momen terakhir dalam 17 Agustus, Paskibraka memang dipersiapkan oleh BPIP sehingga Ibu Mega sebagai Ketua Dewan Pengarah dari BPIP itu sudah sejak bulan Maret mempersiapkan secara detail baik kaitannya dengan IKN," kata Hasto di Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (9/8/2024).

Hasto juga menyebut, bahwa Megawati turut mempersiapkan Paskibraka untuk upacara peringatan HUT ke-79 RI Istana Negara.

Baca juga: PDIP Buka Suara soal Kehadiran Megawati dalam Upacara HUT Ke-79 RI di IKN

"Jikalau diperlukan itu juga di Istana Negara jadi semua sudah dipersiapkan dengan baik," sambungnya.

BERITA TERKAIT

Politisi asal Yogyakarta ini menambahkan, bahwa Megawati yang juga Presiden Kelima RI ini sangat detail mempersiapkan Paskibraka yang akan bertugas dalam upacara 17 Agustus.

Bahkan, lanjut Hasto, Megawati sangat detail soal konsumsi yang dimakan oleh para Paskibraka.

"Sampai konsumsinya dipersiapkan dengan detail oleh Ibu Mega," jelas Hasto.

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto di Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (9/8/2024).
Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto di Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (9/8/2024). (Tribunnews.com/Fransiskus Adhiyuda)

Sementara itu, Megawati kemungkinan bakal menghadiri upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Hasto menjelaskan, bahwa hal ini merupakan usulan dan permohonan dari sejumlah kader PDIP yang disampaikan kepada dirinya.

Hal itu disampaikan Hasto menjawab soal kemungkinan Megawati akan memenuhi undangan dari pihak Istana Kepresidenan untuk menghadiri upacara HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Karena DPP PDI Perjuangan ini juga setiap 17 Agustus mengadakan upacara bendera sendiri. Kali ini juga ada permohonan dari kader kader PDI Perjuangan agar Ibu Mega juga berkenan untuk hadir di Sekolah Partai, sehingga nanti Ibu Mega lah yang akan memutuskan," kata Hasto.

Dia mengatakan, PDIP juga akan menggelar acara spesial untuk memeriahkan HUT ke-79 RI di Sekolah Partai.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas