Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dibuka Presiden Jokowi dan Ditutup Prabowo, Kongres III Partai NasDem Bakal Undang Semua Parpol

Sejumlah tokoh diundang dalam kongres tersebut, termasuk Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang akan membuka acara Kongres pada 25-27 Agustus 2024

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in Dibuka Presiden Jokowi dan Ditutup Prabowo, Kongres III Partai NasDem Bakal Undang Semua Parpol
Tribunnews.com/Mario Christian Sumampow
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dalam sambutannya dalam acara Pelantikan Pengurus DPP Garnita Malahayati Partai NasDem, di NasDem Tower, Jakarta, Rabu (21/8/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai NasDem akan menggelar Kongres III pada 25-27 Agustus 2024.

Sejumlah tokoh diundang dalam kongres tersebut, termasuk Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang akan membuka acara, dan Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto bagian menutup kegiatan. Kongres rencananya digelar di JCC Senayan, Jakarta Pusat.

Hal ini disampaikan Ketua SC Kongres III NasDem Willy Aditya dalam konferensi pers di NasDem Tower, Jakarta, Jumat (23/8/2024).

"Kongres ini menjadi common ground-nya, jadi kemungkinan Pak Prabowo juga datang pembukaan dan penutupan tapi secara formal pembukaan oleh Presiden Jokowi, penutupan oleh Pak Prabowo sebagai Presiden terpilih," ujar Willy seperti ditayangkan Youtube Nasdem TV.

Willy menjelaskan, seluruh partai politik juga diundang dalam kongres ketiga NasDem ini. Kongres ini lanjutnya, menjadi momentum rekonsiliasi bagi NasDem.

"Tidak ada yang tidak kita undang, jadi semua partai politik kita undang, karena inilah momentumnya untuk rekonsiliasi. Tidak hanya manis di bibir tapi pahit dikenyataan, tidak. Tetapi, kebersamaan itu kita bangun dari ruang ada common ground-nya," tutur Willy.

BERITA TERKAIT

Nantinya ada tiga komisi dalam pelaksanaan Kongres ke III NasDem antara lain Komisi AD/ART, Komisi Rekomendasi dan Komisi Program Aksi.

Selain itu ada lima isu besar yang disorot mendalam antara lain, isu negara hukum, ekonomi hijau, politik, isu internasional, dan krisis lingkungan. NasDem menilai banyak hal yang perlu diluruskan dalam penegakan hukum di Indonesia. Misalnya saja kasus 15 tahun lalu yang baru ditangani hari ini.

"Jadi bagaimana aparat penegak hukum, KPK, polisi, jaksa, kita tetap memiliki komitmen. Bagaimana kita yang banyak dibahas di SC tentang nanti dimatangkan di kongres, ada kasus 15 tahun lalu, tahu-tahu baru hari ini diambil. Ini kadaluarsanya bagaimana?" kata Willy.

Sementara itu, Sekjen Partai NasDem Hermawi Taslim menyebut capres mereka di Pilpres 2024, Anies Baswedan, juga turut diundang.

Baca juga: Akhirnya NasDem Ikut KIM Usung Khofifah-Emil Dardak di Pilkada Jatim 2024

"Pak Anies diundang," singkat Hermawi.

Ketua Organizing Comite (OC) Kongres NasDem, Ali Mazi menyebut Kongres III Partai NasDem ini juga akan dihadiri puluhan ribu kader. Mereka semua nantinya akan diminta menggodok sejumlah tujuan untuk melakukan pemilihan ketua umum Partai NasDem.

"Kemudian juga ini satu kesyukuran bahwa Kongres ketiga Partai Nasional hari ini dihadiri kurang lebih 10.000 kader-kader Partai Nasional terdiri dari 7.000 peserta seluruh Indonesia kemudian 3.000 adalah peninjau," paparnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas