Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Gelar Simposium Internasional ke-16, PPI Fokus pada Strategi Wujudkan Indonesia Emas 2045

Perhimpunan Pelajar Indonesia kini tersebar di 65 negara dengan PPI Dunia mengkoordinasikan 31 negara di Amerika-Eropa, 19 negara di Timur Tengah

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Gelar Simposium Internasional ke-16, PPI Fokus pada Strategi Wujudkan Indonesia Emas 2045
ist
Simposium Internasional ke-16 digelar di Budapest, Hungaria. Simposium tersebut diharapkan memberikan kontribusi signifikan untuk mewujudkan cita-cita Indonesia Emas 2045. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) kini tersebar di 65 negara dengan PPI Dunia mengkoordinasikan 31 negara di Amerika-Eropa, 19 negara di Timur Tengah-Afrika, dan 15 negara di Asia-Oceania. 

Untuk menyelaraskan visi dan misinya, PPI Dunia rutin menyelenggarakan Simposium Internasional yang meliputi Kongres, sidang komisi, seminar, dan diskusi isu terkini. 

Pada Simposium Internasional ke-16 di Budapest, Hungaria diadakan seminar akademik yang menghubungkan mahasiswa Indonesia dari berbagai negara dengan isu-isu nasional dan internasional, fokus pada strategi nasional dalam kerangka visi Indonesia Emas 2045.




Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor), Addin Jauharudin atau yang kerap disapa Gus Addin pada kesempatan ini memiliki pesan penting dan memiliki relevansi khusus bertepatan dengan kunjungan pemimpin muda Indonesia ke Vatikan untuk bertemu dengan Paus Fransiskus pada 21 Agustus 2024.

Dalam kunjungannya bertemu Paus Fransiskus para pemimpin muda mempromosikan Dokumen Abu Dhabi tentang Persaudaraan Kemanusiaan Sejati, mendorong kolaborasi lintas agama di kalangan pemuda Indonesia, serta mengkampanyekan Pancasila sebagai platform kebhinekaan Indonesia yang dapat menjadi pandangan dunia baru di tengah konflik global. 

"Pancasila diharapkan dapat berperan sebagai model kehidupan berdampingan yang harmonis bagi seluruh umat manusia dan peran teman-teman PPI dapat menjadi promotor utama dalam mengkampanyekan platform Pancasila ini," pesan Gus Addin. 

Selanjutnya Ketua Umum GP Ansor ini juga berharap agar mahasiswa Indonesia yang menuntut ilmu di luar negeri dapat menjadi pemimpin yang unggul dan memberikan kontribusi signifikan untuk mewujudkan cita-cita Indonesia Emas 2045.

BERITA TERKAIT

Dalam closing statemetnya Gus Addin mengatakan GP Ansor Bersama dengan tokoh-tokoh lainnya sangat menyambut dengan tangan terbuka untuk koaborasi-kolaborasi guna kepentingan bangsa yang lebih besar kedepan.

Baca juga: Deklarasi Budapest: PPI Dunia Serukan Perlindungan Pelajar hingga Supremasi Demokrasi

Simposium Internasional ke-16 PPI Dunia akan diadakan dalam format hybrid, menyediakan opsi kehadiran langsung maupun daring, untuk menjangkau audiens global secara lebih luas. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas