Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Peringatan HUT ke-79 Mahkamah Agung Dirayakan di Berbagai Daerah dari Kutacane sampai Bengkulu

HUT Mahkamah Agung RI harus dijadikan sarana untuk merefleksi dan mengevaluasi apa yang telah dikerjakan setahun sebelumnya dan rencana ke depan

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Peringatan HUT ke-79 Mahkamah Agung Dirayakan di Berbagai Daerah dari Kutacane sampai Bengkulu
Istimewa
Suasana upacara HUT ke-79 Mahkamah Agung RI di halaman Pengadilan Negeri Kutacane, Senin (19/8/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Mahkamah Agung Republik Indonesia ke-79 diselenggarakan di berbagai daerah di Tanah Air.

Di Kabupaten Aceh Tenggara, upacara HUT ke-79 MA diselenggarakan di halaman Pengadilan Negeri Kutacane berlangsung khidmat dan meriah.




Upacara diikuti oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kutacane, Para Hakim beserta seluruh jajaran pegawai Pengadilan Negeri Kutacane.

Turut hadir pula Ketua Dharmayukti Karini Cabang Kutacane Ibu Galuh Rahma Esti beserta anggota dan Ketua Mahkamah Syariah Kutacane T. Swandi beserta jajaran pegawai Mahkamah Syariah Kutacane.

Ketua Pengadilan Negeri Kutacane, Ade Yusuf, selaku pembina upacara dalam kesempatan ini menyampaikan pidato dari Ketua Mahkamah Agung RI agar selalu menjaga nama baik Mahkamah Agung dan badan peradilan dengan segenap jiwa raga agar dapat meraih kepercayaan masyarakat dan masa depan keadilan di negeri ini.

Baca juga: Mahkamah Agung Tolak Permohonan Uji Materiil Peraturan Dewas KPK yang Diajukan Nurul Ghufron

“Dirgahayu ke-79 Mahkamah Agung Republik Indonesia, Mari kita wujudkan peradilan Indonesia yang tangguh untuk masa depan Indonesia yang maju," kata Ade Yusuf.

BERITA TERKAIT

Usai upacara, Ketua Pengadilan Negeri Kutacane berkesempatan berfoto bersama peserta upacara yang kemudian dilanjutkan dengan acara pembagian hadiah bagi para pemenang KPN Kutacane Cup 2024.

Di Way Kanan, Lampung, upacara HUT ke-79 Mahkamah Agung diselenggarakan Pengadilan Agama (PA) Blambangan Umpu di halaman kantor Pengadilan Agama setempat, Senin (19/8/2024).

Bertindak sebagai pembina upacara adalah Hakim Santri Ayu Rahmawati, yang membacakan sambutan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia.

"HUT Mahkamah Agung RI harus dijadikan sarana untuk merefleksi dan mengevaluasi apa yang telah dikerjakan setahun sebelumnya dan rencana ke depan untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja bagi seluruh warga peradilan," kata Santri Ayu.

Dia menjelaskan tema perayaan HUT ke-79 Mahkamah Agung RI yakni, Peradilan Tangguh Indonesia Maju, yang bermakna peradilan yang tangguh memegang peranan penting bagi tumbuh kembangnya sebuah negara.

Fungsi kekuasaan kehakiman yang dijalankan oleh Mahkamah Agung dan badan peradilan di bawahnya merupakan satu pilar kekuasaan yang menopang berdirinya sebuah negara. Karenanya, dibutuhkan integritas dan profesionalitas dari segenap aparaturnya.

Upacara peringatan HUT Mahkamah Agung juga diselenggarakan di Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu pada 19 Agustus 2024, diikuti seluruh pegawai Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Bengkulu, anggota Dharmayukti Karini, Ketua Pengadilan Agama Bengkulu serta seluruh pegawai PA Bengkulu.

Upacara berlangsung khidmat di halaman PTA Bengkulu ini mengusung tema "Peradilan Tangguh, Indonesia Maju" dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng.

Usai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan mengikuti sesi zoom bersama Mahkamah Agung RI yang dihadiri oleh seluruh pengadilan di Indonesia. Kegiatan ini diwarnai penyerahan Anugerah Mahkamah Agung RI, peluncuran lima aplikasi terbaru Mahkamah Agung.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas