Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Imbas Pakai Jet Pribadi ke Amerika, Kaesang Kini Dibidik KPK untuk Klarifikasi

Ketua KPK, Nawawi Pomolango, menyebut pihaknya akan melakukan klarifikasi kepada Kaesang imbas penggunaan jet pribadi ke Amerika bersama Erina.

Penulis: Faryyanida Putwiliani
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Imbas Pakai Jet Pribadi ke Amerika, Kaesang Kini Dibidik KPK untuk Klarifikasi
tribunnews.com
Video viral Kaesang Pangarep bersama istrinya, Erina Gudono, yang turun dari jet pribadi | Ketua KPK, Nawawi Pomolango, menyebut pihaknya akan melakukan klarifikasi kepada Kaesang Pangarep imbas penggunaan jet pribadi ke Amerika bersama Erina Gudono. 

TRIBUNNEWS.COM - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Nawawi Pomolango, memberikan tanggapannya terkait dugaan gratifikasi yang dilakukan oleh Ketua Umum (Ketum) Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep.

Diketahui, Kaesang belakangan ini menjadi sorotan publik setelah menggunakan fasilitas jet pribadi Gulfstream G650ER untuk pergi ke Amerika Serikat (AS) bersama istrinya, Erina Gudono.

Atas dugaan gratifikasi tersebut, Nawawi mengatakan KPK akan menindaklanjuti dan meminta klarifikasi kepada Kaesang, terutama asal-usul fasilitas itu.




Hal itu untu mengetahui, apakah pembayaran jet pribadi berasal dari kantong pribadi Kaesang, atau ada kaitannya dengan jabatan penyelenggara negara yang dimiliki oleh keluarganya, mengingat suami Erina ini adalah putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Selain itu, kakak kandungnya, Gibran Rakabuming Raka, adalah Wakil Presiden Terpilih 2024 dan mantan Wali Kota Solo.

Lalu ipar Kaesang, Bobby Nasution, juga menjabat sebagai Wali Kota Medan yang kini maju sebagai calon Gubernur Sumatra Utara.

"Tentu perlu diklarifikasi apakah kemudahan-kemudahan yang diperoleh yang bersangkutan, ada kaitannya misalnya dengan jabatan-jabatan penyelenggara negara yang disandang keluarganya."

BERITA TERKAIT

"Melakukan klarifikasi atas isu-isu tersebut adalah merupakan lingkup tugas kewenangan KPK. Yang bersangkutan (Kaesang) mungkin memang bukan penyelenggara negara, tapi semua publik mengetahui siapa sosok yang bersangkutan," kata Nawawi, Jumat (30/8/2024), dilansir Kompas.com.

Lebih lanjut, Nawawi menuturkan Direktorat Gratifikasi ataupun Direktorat Pengaduan Masyarakat KPK bakal menindaklanjuti setiap laporan atau aduan dari masyarakat, tanpa terkecuali, termasuk soal Kaesang.

Sementara itu, Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, mengungkapkan pihaknya akan mengirimkan surat undangan untuk Kaesang.

Nantinya, Kaesang akan diminta untuk klarifikasi tentang penggunaan jet pribadi saat ia pergi ke Amerika Serikat bersama Erina Gudono.

Baca juga: Usai Kaesang, Roy Suryo Yakin Foto Bobby Menantu Jokowi Keluar dari Jet Pribadi Embraer adalah Asli

"Surat sedang dikonsepkan, surat undangan," kata Alex, sapaan Alexander Marwata, dalam konferensi pers di Kantor KPK RI, Jumat siang.

KPK menilai penerimaan fasilitas tertentu untuk Kaesang tetap patut diduga berhubungan dengan penyelenggara negara.

"Kenapa kami membutuhkan penjelasan dari saudara Kaesang terkait hal ini? Karena kami menduga, patut diduga itu ada kaitannya dengan penyelenggara negara. Kan kita tahu kan orang tua dari Saudara Kaesang," tutur Alex.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas